5 Olahraga yang Baik Dilakukan di Rumah Saat Terapkan Social Distance

Kompas.com - 17/03/2020, 06:02 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Social distance atau menjaga jarak saat bersosialisasi menjadi cara yang dianggap efektif untuk mencegah penularan Covid-19 akibat virus corona, selain rajin cuci tangan.

Salah satu tindakan yang diserukan sebagai praktik dari social distance atau social distancing di Indonesia, yakni kerja di rumah.

Menanggapi hal itu, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Michael Triangto, Sp.KO, mengingatkan pentingnya melakukan olahraga selama menjalani kegiatan social distance agar tubuh tetap bugar.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Dokter Sarankan Lakukan Olahraga Seperti Ini

Dia menegaskan, apabila dilakukan dengan benar dan tepat, olahraga dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

Karena memang sedang membatasi diri kontak dengan orang lain, dr. Michael pun membagikan sejumlah pilihan olahraga yang baik dilakukan saat berada di rumah atau ruangan.

Berikut ini beberapa olahraga yang patut dicoba untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh:

1. Bersepeda dengan sepeda statis

dr. Michael menilai olahraga menggunakan alat sepeda statis termasuk olahraga yang paling baik dilakukan saat harus berada di rumah.

Hal itu dikarenakan, saat bersepeda, banyak otot tubuh yang dilibatkan, termasuk otot jantung.

Jika tidak ada sepeda statis, kata dia, orang-orang tak perlu khawatir. Olahraga itu bisa diganti dengan hanya menirukan gerakan bersepeda (mengayuh) sambil duduk di kursi atau pun sambil terlentang di atas kasur.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X