Kompas.com - 19/03/2020, 10:00 WIB
Seorang perempuan menyentuh wajah dengan tangan saat stres fizkesSeorang perempuan menyentuh wajah dengan tangan saat stres

KOMPAS.com - Selain melakukan kontak langsung dengan orang yang terinfeksi, menyentuh wajah dengan tangan juga bisa meningkatkan risiko penularan Covid-19.

Pasalnya, virus Corona jenis baru ini bisa bertahan dalam waktu lama pada permukaan benda dan bisa berpindah ke tangan saat kita menyentuhnya.

Lalu, virus tersebut bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh saat kita menyentuh wajah dengan tangan tersebut.

Melansir Healthline, riset 2008 telah membuktikan bahwa rata-rata manusia menyentuh wajah mereka sekitar 16 kali per jam.

Mulut, hidung, dan mata yang terletak di area wajah merupakan jalur termudah bagi virus dan bakteri untuk memasuki tubuh kita.

Baca juga: Riset Buktikan Bahagia Dapat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Meski kita telah mencuci tangan, masih ada kemungkinan terjadinya kontaminasi ulang.

Oleh karena itu, para ahli juga menyarankan agar kita sebisa mungkin menghindari menyentuh wajah dengan tangan.

Melansir laman CNN, menghentikan kebiasan menyentuh wajah memang sangat sulit. Apalagi, menyentuh wajah biasanya dilakukan secara spontan tanpa disadari, terutama saat kita sedang berada di situasi penuh tekanan.

Meski demikian, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Melansir laman Fox, berikut tips menghentikan kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan dari National Foundation for Infectious Diseases .

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X