Kompas.com - 25/04/2020, 03:35 WIB

KOMPAS.com - Meski berpuasa di bulan ramadhan adalah kewajiban bagi umat muslim, mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu diperbolehkan untuk tidak berpuasa.

Ibu hamil, misalnya, berpuasa bisa mendatangkan risiko kesehatan tertentu bagi janin.

Hal tersebut telah dibuktikan lewat riset yang dilakukan oleh ilmuwan dari Columbia University.

Riset dilakukan berdasarkan data dari AS, Irak, dan Uganda. Dari hasil analisis data, peneliti menemukan wanita yang berpuasa di awal kehamuilan dapat meningkatkan risiko bayi lahir rendah.

Riset yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition juga membuktikan hal yang sama.

Menurut peneliti, berpuasa selama trimester kedua kehamilan bisa berbahaya bagi janin karena dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur sebesar 35 persen.

Ada beberapa makanan yang pantang dikonsumsi ibu hamil, seperti beberapa seafood yang mengandung merkuri tinggi.

Baca juga: Berbuka dengan yang Manis Tak Boleh Sembarangan, Bagaimana Baiknya?

Namun, jika ibu hamil tetap ingin merasakan puasa di bulan ramadhan ini, pastikan Anda benar-benar dalam kondisi yang baik.

Jika Anda merasa tidak cukup sehat untuk berpuasa, atau khawatir akan kesehatan sang janin, kosultasikanlah hal tersebut dengan dokter.

Tips aman berpuasa bagi ibu hamil

Melansir laman babycentre, ibu hamil tetap bisa menjalani ibadah puasa apabila memiliki berat badan dan gaya hidup yang sehat.

Pasalnya, janin dalam kandungan membutuhkan nutrisi dari sang ibu. Jika tubuh sang ibu memiliki cadangan enerfi yang cukup, maka berpuasa tidak akan menimbulkan efek samping.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.