10 Manfaat Cabai untuk Kesehatan

Kompas.com - 22/07/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi cabai rawit. SHUTTERSTOCK/ADIE.FOODTOGRAPHYIlustrasi cabai rawit.

KOMPAS.com – Masyarakat Indonesia tentu tidak asing lagi dengan cabai si pembawa rasa pedas.

Sayuran buah bernama ilmiah Capsicum annuum ini telah sering digunakan oleh masyarakat sebagai bahan rempah atau bumbu masakan.

Tak hanya itu, konsumsi cabai juga jamak dilakukan secara langsung atau tanpa diolah terlebih dahulu bersama makanan lainnya.

Baca juga: Cabai Rawit, Cabai Merah, atau Cabai Hijau, Mana yang Lebih Sehat?

Sedangan, sebagian orang mengaku kurang menikmati makanan jika tak dilengkapi dengan sambal.

Apakah Anda termasuk para penikmat cabai? Jika iya, beruntunglah.

Di balik rasanya yang pedas dan dapat menggugah selera, cabai pada kenyatannya menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini ragam manfaat cabai untuk kesehatan:

1. Jaga fungsi penglihatan

Melansir Buku Cerdas Memilih Sayuran: Plus Minus 54 Jenis Sayuran (2010) oleh Lanny Lingga PhD, cabai rawit memiliki kandungan vitamin A lebih tinggi daripada cabai hijau maupun cabai merah.

Dalam 100 gram cabai rawit segar, tekandung hingga 11.050 mg vitamin A. Jumlah itu jauh lebih besar ketimbang yang dimiliki cabai merah 470 mg vitamin A per 100 gram bahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X