Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Kompas.com - 11/08/2020, 07:34 WIB
Ilustrasi asam lambung, GERD shutterstockIlustrasi asam lambung, GERD

KOMPAS.com - Penyakit asam lambung dapat membuat penderitanya merasakan rasa tak nyaman seperti mulas, rasa panas seperti terbakar di dada, kembung, dan kerap bersendawa.

Gangguan asam lambung yang naik dari perut ke kerongkongan yang bersifat kronis atau kumat lebih dari dua kali seminggu disebut gastroesophageal reflux disease ( GERD).

Ahli gastroenterologi dari Johns Hopkins Medicine, Ekta Gupta, M.B.B.S., M.D. menyebut, makanan dan minuman memainkan peran penting dalam mengandalikan penyakit asam lambung.

"Diet makanan tertentu adalah terapi lini pertama yang digunakan untuk membantu penderita GERD," jelas Dr. Gupta, seperti dilansir laman resmi RS setempat.

Baca juga: Apa Penyebab Asam Lambung Naik Sering Kambuh?

Menurut Dr. Gupta, beberapa jenis makanan dapat membuat otot sfingter esofagus rileks.

Akibatnya, proses pencernaan jadi tertunda, makanan jadi lebih lama berada di lambung, dan memicu asam lambung naik.

Berikut beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita asam lambung:

1. Makanan berlemak jenuh dan kolesterol tinggi

Ilustrasi gorenganRahul D Silva Ilustrasi gorengan
Melansir Healthline, asupan yang banyak mengandung lemak jenuh dan kolesterol termasuk jenis makanan yang harus dihindari penderita asam lambung.

Makanan berlemak tak sehat dapat menurunkan tekanan otot sfingter esofagus. Sehingga, makanan bisa lebih lama singgah di perut.

Selain itu, terdapat hubungan erat antara kebiasaan makan makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan banyak lemak dengan GERD.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X