Beda Cara Menghilangkan Komedo Hitam dan Komedo Putih

Kompas.com - 11/08/2020, 18:01 WIB
Ilustrasi komedo Björn ForeniusIlustrasi komedo

KOMPAS.com – Komedo adalah gumpalan massa sebum yang muncul sebagai bintik hitam atau putih.

Komedo hitam bersifat terbuka dan ditandai dengan membesarnya folikel rambut yang ditutup oleh sekumpulan kotoran kulit dan sebum.

Sedangkan, komedo putih bersifat tertutup atau tidak tampak jika dibandingkan dengan komedo hitam. Komedo putih bisa ditemukan dengan cara menekan pori-pori wajah.

Baca juga: 10 Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Ada banyak faktor yang dapat mendorong munculnya komedo di wajah maupun di bagian tubuh lain, seperti leher, punggung, dada, lengan atau bahu.

Namun, secara garis besar, komedo dapat terbentuk karena adanya sel kulit mati dan produksi kelenjar minyak yang berlebih pada kulit.

Selain bisa mengganggu penampilan, tindakan mengeluarkan komedo dirasa penting untuk mencegah perkembangan lanjut dari komedo menjadi peradangan jerawat.

Prinsip dasar yang pertama kali harus mendapat perhatian utama dalam cara menghilangkan komedo adalah segala tindakan ini harus dilakukan secara bersih dan tepat.

Sebelum tindakan pengeluaran komedo dilakukan, perlu diingat bahwa untuk mengeluarkan komedo secara mudah, kondisi kulit wajah harus dalam keadaan siap.

Melansir Medical News Today, beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mempermudah pengeluaran komedo adalah menguapi kulit wajah, sehingga pori-pori kulit terbuka dan mempermudah pengaluaran komedo dari bagian dalam kulit.

Pengeluaran komedo dapat dilakukan dengan menggunakan instrumen (alat dan obat) maupun secara manual dengan menggunakan jari tangan.

Baca juga: 17 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X