Kompas.com - 15/08/2020, 13:33 WIB
Ilustrasi pria shutterstockIlustrasi pria

KOMPAS.com - Saat mencapai usia 40 tahun, pria juga perlu memperhatikan saluran kemih dan organ genital mereka.

Tentunya, hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan prostat, sistem kemih, dan organ seksual.

Itu sebabnya, ahli urologi dari Cleveland Clinic, Eric Klein, merekomendasikan para pria untuk rutin memeriksakan diri ke ahli urologi saat telah mencapai usia kepala empat.

Baca juga: 4 Manfaat Tak Terduga Tidur Nyenyak

Menurut dia, ahli urologi akan membantu para pria untuk tetap berfungsi optimal meski telah berada di atas usia 40 tahun.

"Kesehatan seksual dan prostat memainkan peranan besar. Itu sebabnya, menjaga kesehatan area tersebut akan membantu para pria tetap berfungsi optimal," ucap Klein.

Ahli urologi juga bisa membantu para pria untuk mengatasi berbagai problematika pada saluran kemih atau gangguan kesehatan di area genital yang kerap terjadi saat berada di usia 40 tahun.

Berikut berbagai masalah yang sering terjadi pada saluran kemih dan area genital pria saat berada di atas usia 40 tahun:

1. Disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi dan penurunan libido sering kali terjadi pada pria yang berusia 40 tahun ke atas.

"Ahli urologi dapat memeriksa hormon dengan tes darah sederhana dan meresepkan penggantian testosteron jika pasien memiliki testosteron rendah," kata Dr Klein.

Ahli urologi juga dapat merekomendasikan pilihan lain, seperti pengobatan, terapi seks, perangkat vakum, terapi injeksi, atau dalam beberapa kasus, implan penis.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X