Kompas.com - 30/08/2020, 09:02 WIB

KOMPAS.com – Kanker usus besar adalah tumor ganas yang tumbuh di permukaan usus besar (kolon) atau rektum, sehingga sering juga disebut kanker kolorektal.

Kanker jenis ini juga mencakup pertumbuhan sel kanker yang terjadi di dalam usus, anal, dan usus buntu.

Kebanyakan kanker usus besar berawal dari pertumbuhan sel yang tidak ganas (adenoma), yang dalam stadium awal membentuk polip.

Polip adalah sel yang dapat tumbuh sangat cepat.

Baca juga: Makanan Penyebab Kanker Usus Besar yang Perlu Diwaspadai

Kanker usus besar termasuk salah salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi dan menjadi penyebab kematian terbanyak, sehingga perlu diwaspadai.

Pada pria, kanker usus besar dilaporkan menempati urutan ketiga sebagai kanker yang paling sering menyerang setelah kanker prostat dan kanker paru-paru.

Pada wanita, kanker usus besar juga menempati urutan ketiga sebagai kanker yang paling sering terjadi setelah kanker payudara dan kanker paru-paru.

Gejala awal kanker usus besar

Banyak gejala kanker usus besar juga dapat disebabkan oleh sesuatu yang bukan kanker, seperti infeksi, wasir atau ambeien, sindrom iritasi usus besar, atau penyakit radang usus.

Dalam banyak kasus, orang yang mengalami gejala ini tidak menderita kanker.

Meski demikian, jika Anda mengalami salah satu dari masalah tersebut, akan lebih baik jika segera memeriksakan diri ke dokter agar penyebabnya bisa ditemukan dan diobati.

Baca juga: Kanker Usus: Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.