Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Puasa Aman untuk Penderita Asam Lambung?

Kompas.com - 25/03/2022, 10:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Gejala asam lambung naik yang kronis saat kambuh bisa membuat penderitanya merasakan nyeri ulu hati, dada terasa panas dan sakit, terasa cairan asam di mulut, mual, dan sakit kepala.

Rasa tidak nyaman saat penyakit kumat ini terkadang memicu kekhawatiran, apakah puasa aman untuk penderita asam lambung?

Seperti diketahui, pola makan dan asupan yang masuk ke tubuh sangat memengaruhi penyakit yang apabila terjadi berkepanjangan dikenal dengan gastro esophageal reflux disease (GERD) ini. Simak penjelasan berikut.

Baca juga: Persiapan Puasa Bagi Penderita Asam Lambung

Apakah puasa aman untuk penderita asam lambung?

Aman tidaknya puasa untuk penderita asam lambung kronis (GERD) tergantung tingkat keparahan penyakit.

Dilansir dari Houston Heartburn and Reflux Centre, puasa tidak dianjurkan bagi penderita asam lambung kronis (GERD) yang sudah memasuki tahap parah atau stadium tiga dan empat.

Apabila kondisi penyakit sudah parah, perut penderita tidak boleh terlalu lama kosong dan perlu diisi asupan secara berkala.

Hal ini disebabkan bagian tubuh yang berfungsi mengontrol cairan asam lambung atau klep untuk menjaga asam lambung agar tidak kembali naik ke atas melemah dan tidak dapat berfungsi optimal.

Akibatnya, asam lambung jadi gampang naik apabila tidak ada asupan yang dicerna.

Baca juga: 6 Tips Puasa untuk Penderita Asam Lambung

Dikutip dari LiveStrong, ketika tidak ada asupan di saluran pencernaan, cairan asam lambung bisa menumpuk dan menyebabkan nyeri di ulu hati, dada terasa panas, dan cairan asam naik ke kerongkongan.

Namun perlu diingat, puasa masih aman untuk penderita asam lambung kronis yang kondisi penyakitnya masih terkontrol atau baru stadium satu sampai dua.

Untuk itu, ada baiknya penderita penyakit asam lambung kronis memeriksakan diri ke dokter sebelum menjalani puasa.

Dokter bisa mengevaluasi kondisi kesehatan pencernaan pengidap, sekaligus merekomendasikan aman tidaknya penderita asam lambung berpuasa.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik saat Puasa

Manfaat puasa untuk penderita asam lambung

Bagi penderita penyakit asam lambung yang terkontrol dan kondisinya tidak terlalu parah, puasa disebut bisa memberikan beberapa manfaat untuk penderita, antara lain:

  • Memperbaiki gejala asam lambung

Selama puasa, hormon rasa lapar ghrelin bakal meningkat. Namun, ada studi yang menyebutkan antara kadar ghrelin dan heartburn gejala asam lambung.

Penelitian tersebut menyebutkan, aktivitas puasa justru memperbaiki gejala asam lambung naik dan penyakit jarang kambuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com