Kompas.com - 06/09/2020, 15:07 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Anak-anak identik dengan masa bermain, yang tak jarang membuat mereka cepat kotor dan lengket karena keringat.

Ya, anak-anak adalah masa tak bisa diam dan ingin terus bermain. Mulai dari berlarian hingga bermain dengan benda yang bisa membuat badan mereka kotor.

Ini membuat banyak orang tua sering membersihkan atau memandikan anak mereka.

Baca juga: Sayang Dilewatkan, Ini 4 Manfaat Mandi Air Dingin

Tapi, sebenarnya, seberapa sering sih anak-anak perlu dimandikan?

Melansir dari Cleveland Clinic, Joan Tamburro, seorang dokter kulit memberikan anjuran ini dalam memandikan anak-anak.

1. Bayi dan anak balita

Menurut Tamburro, bayi dan anak balita tidak perlu mandi setiap hari. Mereka hanya perlu dimandikan dua hingga tiga kali seminggu.

Meski begitu, Tamburro tidak melarang orang tua yang ingin memandikan anaknya jika dirasa sangat kotor atau kondisi popoknya berantakan.

2. Anak-anak usia 6-11 tahun

Merangkum dari American Academy of Dermatology Association, anak-anak usia 6 sampai 11 tahun boleh mandi setiap hari.

Meski begitu, mereka tidak perlu mandi setiap hari. Lembaga ini menyarankan anak-anak setidaknya mandi sekali atau dua kali dalam seminggu.

Anak-anak juga perlu mandi saat kotor seperti setelah bermain lumpur, berenang di danau atau laut, berkeringat atau bau badan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X