3 Jenis Gangguan Prostat dan Gejalanya

Kompas.com - 07/09/2020, 18:03 WIB
. Getty Images/iStockphoto.

KOMPAS.com – Prostat adalah bagian penting dari sistem reproduksi pria.

Prostat selama ini kerap disebut juga sebagai kelenjar prostat.

Padahal, sebenarnya bukan benar-benar merupakan kelenjar, tapi suatu organ seukuran buah kenari yang terletak di depan rektum (ujung usus besar, anus) dan di bawah bladder (kandung kemih).

Baca juga: Penis Jarang Ereksi Saat Bangun Tidur pada Pagi Hari, Normalkah?

Organ ini terdiri dari 70 persen jaringan kelenjar (glandular tissue) dan 30 persen jaringan fibromuscular.

Pada pria dewasa, bentuk dan ukuran prostat sebesar kenari dengan berat kurang lebih 20 gram.

Jaringan kelenjar prostat mengelilingi uretra (saluran kemih) yang berfungsi mengosongkan kandung kemih dan membantu mengendalikan ruinasi.

Glandular tissue pada prostat juga mengeluarkan cairan yang menyumbang 20-30 persen volume total dari cairan sperma saat terjadi ejakulasi.

Cariran kelenjar prostat yang mirip dengan susu memiliki warna dan bau yang khas.

Cairan ini di antaranya mengandung kadar kalsium, seng, asam sitrat, asam fosfat, albumin, dan prostatic specific antigen.

Zat-zat ini berfungsi membantu lubrikasi uretra, proteksi, nutrisi, dan mobilitas dari sperma ketika berada dalam vagina wanita yang lingkungannya asam.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X