Kompas.com - 03/10/2020, 18:44 WIB
Talkshow Beraktivitas dan Berkreasi Selama Pandemi yang diadakan Satgas Covid-19, Sabtu (3/10/2020). Dok Humas Satgas Covid-19 BNPBTalkshow Beraktivitas dan Berkreasi Selama Pandemi yang diadakan Satgas Covid-19, Sabtu (3/10/2020).
|


JAKARTA, KOMPAS.com – Masa pandemi membuat masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan. Namun, itu saja tak cukup. Sebagai benteng kedua, masyarakat perlu berolahraga untuk meningkatkan imunitas tubuhnya.

Hal itu diutarakan dosen Fakultas Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dr Arie Sutopo SpKO, Sabtu (3/10/2020).

"Aktivitas olahraga menjadi benteng kedua yang melawan serangan virus corona ke dalam tubuh," ujar Arie berbicara dalam talkshow ‘Beraktivitas dan Berkreasi Selama Pandemi’.

Adapun benteng pertama juga dijelaskan oleh Arie sebelumnya, yakni protokol kesehatan yang menjadi imbauan pemerintah, yakni memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir (3M).

Baca juga: Optimalkan Strategi Perubahan Perilaku Protokol Kesehatan, BKKBN Usung 5 Konsep

Arie yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI), menjelaskan aktivitas dapat dikatakan sebagai olahraga jika memiliki tiga kriteria, yakni intensitas, durasi, dan frekuensi.

Intensitas bisa dilakukan secara sedang atau ringan untuk meningkatkan imunitas dengan durasi minimal 30 menit per hari. Aktivitas ini harus dilakukan setiap hari.

Ketiga hal tadi yang membedakan olahraga dengan bergerak.

“Aktivitas di rumah seperti membersihkan kamar dan mencuci pakaian itu tidak termasuk olahraga melainkan bergerak,” ujarnya.

Arie menyebut bergerak itu hanya berpengaruh terhadap otot dan sendi saja, tidak pada imunitas tubuh.

Namun dirinya berpesan, jika masyarakat rutin berolahraga di luar untuk selalu menggunakan masker.

"Pakai masker itu tetap, cuci tangan, dan jaga jarak. Karena ini tindakan pencegahan supaya virus nggak masuk ke tubuh," jelas Arie.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X