7 Faktor yang Dapat Meningkatkan Peluang Hamil Anak Kembar

Kompas.com - 21/10/2020, 09:00 WIB
- shutterstock-

KOMPAS.com - Beberapa pasangan mendambakan untuk memiliki anak kembar. Kelucuan bayi baru lahir membuat beberapa pasangan berpikir dua bayi tentu dapat menambah kelucuan.

Menurut beberapa penelitian, kalahiran anak kembar meningkat sekitar 78 persen sejak 1980.

Kenaikan ini disebabkan oleh beberapa faktor yang terlibat. Faktor-faktor ini dapat Anda pertimbangkan jika ingin hamil anak kembar.

Baca juga: 6 Cara Agar Hamil Anak Laki-laki

1. Genetika

Anda mungkin pernah mendengar bahwa anak kembar diturunkan oleh keluarga. Pendapat ini tidak sepenuhnya salah.

Peluang Anda untuk memiliki anak kembar jika ada riwayat kehamilan kembar dalam keluarga Anda, terutama dari pihak ibu.

Dikutip dari Healthline, salah satu alasannya mungkin hiperovulasi.

Hiperovulasi merupakan situasi di mana tubuh melepaskan dua atau lebih sel telur selama ovulasi. Hiperovulasi sendiri dapat diturunkan dalam DNA Anda.

2. Usia

Usia juga diketahui dapat meningkatkan kemungkinan hamil anak kembar.

Dikutip dari Verywell Family, wanita berusia di atas 30 tahun lebih cenderung mengandung anak kembar. Hal ini terkait dengan kadar hormon perangsang folikel (FSH).

FSH sendiri bertanggung jawab atas perkembangan sel telur di dalam ovarium sebelum dilepaskan. Hormon ini biasanya meningkat seiring bertambahnya usia.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X