Kompas.com - 09/11/2020, 16:02 WIB
Ilustrasi diabetes. Penderita diabetes di Indonesia berada di peringkat 7 dunia. Indonesia waspada diabetes, terutama di masa pandemi Covid-19. SHUTTERSTOCK/Proxima StudioIlustrasi diabetes. Penderita diabetes di Indonesia berada di peringkat 7 dunia. Indonesia waspada diabetes, terutama di masa pandemi Covid-19.

KOMPAS.com – Ketika didiagnosis terkena diabetes, banyak orang mungkin akan bertanya-tanya tentang angka harapan hidup mereka.

Karena bagaimanapun juga, diabetes adalah penyakit kronis yang bisa menimbulkan berbagai komplikasi berbahaya.

Diabetes salah satunya bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular seperti jantung koroner, serangan jantung, stroke, dan penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis).

Baca juga: 4 Komplikasi Diabetes dan Cara Mencegahnya

Jadi, orang dengan diabetes kemungkinan besar akan menderita penyakit jantung ataupun stroke yang mengancam jiwa.

Lantas, sebenarnya berapa lama penderita diabetes bisa bertahan hidup?

Merangkum Medical News Today, dampak diabetes pada masing-masing orang bisa berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dampaknya tergantung pada berbagai faktor, seperti seberapa cepat mereka menerima diagnosis dan pengobatan, serta seberapa baik mereka dan tim perawatan kesehatan dapat mengelola kondisi tersebut.

Faktor berpengaruh lainnya, termasuk tingkat keparahan, perkembangan gejala, komplikasi yang muncul, dan bagaimana tubuh merespons pengobatan.

Jadi, mungkin sulit bagi dokter unruk dapat mengetahui secara pasti bagaimana diabetes akan memengaruhi harapan hidup pasien.

Namun, sebuah laporan dari Diabetes UK pada 2010 memperkirakan bahwa diabetes tipe 2 dapat menurunkan harapan hidup penderita hingga 10 tahun, sedangkan penyakit diabetes tipe 1 bisa mengurangi harapan hidup penderita hingga rata-rata 20 tahun.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X