BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Eyevit

Terlalu Lama Menatap Layar Selama WFH dan Belajar Online, Waspada Sindrom Ini

Kompas.com - 12/11/2020, 07:02 WIB
Ilustrasi mata lelah akibat terlalu lama menatap layar komputer Dok. LapIlustrasi mata lelah akibat terlalu lama menatap layar komputer
|

KOMPAS.com - Situasi pandemi Covid-19 yang merebak di seluruh dunia membuat sebagian besar perusahaan dan institusi mengambil kebijakan work from home (WFH) bagi para pegawainya. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona penyebab Covid-19.

Sekilas, kebijakan tersebut tampak menyenangkan untuk dijalankan. Selain lebih nyaman, WFH dinilai dapat “memangkas” jam kerja karena tidak perlu menghadapi padatnya lalu lintas.

Namun demikian, pandangan tersebut tidak sepenuhnya tepat. Sebab, ada satu masalah yang mengintai, yakni kelelahan mata karena terlalu lama menatap layar komputer dan smartphone.

Tanpa disadari, screen time atau waktu menatap layar komputer bertambah saat bekerja di rumah. Sebab, banyak aktivitas yang sebelumnya bisa dilakukan secara tatap muka kini harus dilakukan dengan bantuan komputer atau smartphone.

Contohnya, aktivitas meeting yang biasa dilakukan di ruang rapat kini tergantikan oleh aplikasi video call. Kemudian, mereka yang memiliki anak pun kerap mendampingi proses belajar online.

Kini, para atasan juga banyak memanfaatkan gadget untuk memantau kinerja karyawannya.

Sejumlah 60% keuntungan dari artikel Health Kompas.com disalurkan untuk warga terdampak Covid-19.

#JernihkanHarapan dengan membagikan artikel-artikel Health Kompas.com yang bermanfaat di media sosial agar lebih banyak warga terbantu. — Bagikan artikel ini

Terlalu Lama Menatap Layar Selama WFH dan Belajar Online, Waspada Sindrom Ini
Kebijakan work from home (WFH) dan sekolah dari rumah sekilas tampak lebih nyaman. Namun, ada bahaya yang mengintai jika tidak waspada.
Bagikan artikel ini melalui

Computer vision syndrome

Bekerja di depan layar komputer atau smartphone membuat lensa mata terus fokus, bergerak maju mundur, dan menyelaraskan apa yang terlihat di layar.

Jika berlangsung secara terus-menerus, otot mata akan kelelahan dan bisa memicu computer vision syndrome (CVS).

Seperti diberitakan Kompas.com (13/10/2019), CVS adalah sekumpulan masalah mata dan penglihatan yang disebabkan oleh penggunaan komputer, tablet, maupun ponsel. Beberapa gejala gangguan ini di antaranya adalah penglihatan kabur, mata perih dan kering, hingga sakit kepala.

Jika tidak diatasi, gejala-gejala tersebut dapat memperburuk kesehatan mata. Maka dari itu, perlu tindakan pencegahan agar mata tidak kelelahan dan terhindar dari gangguan CVS. Berikut tips yang bisa Anda ikuti.

1. Atur kecerahan layar dan jarak pandang

Langkah preventif pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah kelelahan mata adalah mengatur kecerahan layar monitor. Sebisa mungkin layar monitor tidak terlalu cerah atau terlalu gelap. Dengan demikian, Anda tidak kesulitan saat melihat layar.

Selain itu, atur jarak pandang antara mata dan layar kurang lebih 50-100 centimeter (cm) saat posisi duduk tegak. Dengan begitu, mata tidak terlalu dekat atau terlalu sering memfokuskan pandangan ke layar sehingga tidak cepat lelah.

2. Gunakan metode 20-20-20

Mata manusia akan menegang jika fokus pada satu obyek dalam periode waktu yang lama. Akan tetapi, hal tersebut tidak dapat dihindari karena saat ini hampir semua pekerjaan menuntut untuk berada di depan layar komputer sepanjang hari.

Oleh karena itu, coba terapkan metode 20-20-20 untuk mencegah kelelahan mata. Istirahatkan mata setiap 20 menit dengan mengalihkan pandangan ke obyek yang berjarak 20 kaki atau 6 meter dalam waktu 20 detik.

3. Rajin olahraga

Rajin berolahraga dapat menurunkan risiko penyakit-penyakit yang berpotensi mengganggu penglihatan, seperti darah tinggi, diabetes, dan kolesterol.

Selain itu, hasil riset yang dilakukan neuroscientist di University of Pisa Italia, Dr Claudia Lunghi menunjukkan bahwa olahraga memainkan peran penting dalam perawatan mata.

“Aktivitas fisik dapat meningkatkan kemampuan korteks visual untuk menguatkan penglihatan,” katanya dilansir dari laman Huffington Post (12/8/2015).

4. Rutin periksa mata

Setiap orang dianjurkan untuk memeriksakan mata setidaknya dua tahun sekali. Dengan memeriksakan mata secara rutin, masalah atau penyakit mata bisa dideteksi dan dicegah sejak dini.

Khusus untuk orang yang berusia di atas 40 tahun, disarankan untuk memeriksakan mata setidaknya satu tahun sekali. Sebab, pada usia tersebut, kemampuan mata telah menurun dan rentan terserang penyakit mata.

5. Mengonsumsi makanan bergizi dan suplemen kesehatan mata

Makanan sehat yang kaya akan berbagai nutrisi, seperti vitamin A, C, E, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3, dapat menangkal berbagai permasalahan mata.

Nutrisi tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, dan jeruk.

Selain makanan bergizi, Anda bisa menambah nutrisi untuk kesehatan mata dengan mengonsumsi suplemen kesehatan mata seperti Eyevit.

Eyevit adalah suplemen yang mengandung delapan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan mata, yaitu bilberry, lutein, zeaxanthin, B-Caroten, retinol, selenium, dan zinc.

Formula Eyevit sudah teruji klinis mampu mengatasi mata lelah, perih, dan pandangan kabur karena terlalu lama menatap layar komputer atau smartphone. Sebab, formula Eyevit langsung bekerja meningkatkan sirkulasi oksigen pada pembuluh darah mata.

Selain itu, Eyevit juga bermanfaat bagi Anda yang memiliki minus (rabun jauh). Formula Eyevit membantu meningkatkan kelenturan lensa mata sehingga penglihatan menjadi lebih jelas.

Oleh karena itu, Eyevit bisa menjadi pilihan tepat untuk menjaga kesehatan mata di tengah WFH. Dengan demikian, berbagai aktivitas online pun bisa berjalan dengan lancar.

Eyevit tersedia dalam dua varian, yaitu Eyevit Tablet dan Eyevit Syrup. Varian Eyevit Syrup cocok dikonsumsi untuk anak-anak karena rasa bilberry yang enak. Seperti diketahui, saat ini anak-anak belajar online di rumah dan rata-rata mereka menghabiskan waktu 5 sampai 6 jam sehari di depan layar komputer.

Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk menjaga kesehatan mata anaknya,terutama saat belajar online di rumah.

Ilustrasi anak belajar online di rumahDok. Lap Ilustrasi anak belajar online di rumah

Eyevit dapat dibeli dengan mudah di apotek dan toko obat serta minimarket seperti Alfamart, Guardian, Watson, Apotek Kimia Farma, dan Apotek K-24. Suplemen ini juga tersedia secara online di Lapi Official Shop Shopee.

Pastikan untuk menjaga kesehatan mata karena penglihatan adalah salah satu anugerah yang harus dijaga. Ikuti deretan tips di atas untuk menjaga kesehatan mata selama masa WFH dan belajar online di rumah.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Hipotermia

Hipotermia

Penyakit
Ini Waktu Terbaik Minum Vitamin Sesuai Jenisnya

Ini Waktu Terbaik Minum Vitamin Sesuai Jenisnya

Health
Kaki Bengkak

Kaki Bengkak

Penyakit
7 Penyebab Kanker Paru-paru yang Perlu Diwaspadai

7 Penyebab Kanker Paru-paru yang Perlu Diwaspadai

Health
Perut Terasa Panas

Perut Terasa Panas

Penyakit
Apa Penyebab Terjadinya Tumor Otak?

Apa Penyebab Terjadinya Tumor Otak?

Health
Infeksi Bakteri

Infeksi Bakteri

Penyakit
15 Vitamin dan Mineral untuk Mengurangi Risiko Depresi

15 Vitamin dan Mineral untuk Mengurangi Risiko Depresi

Health
Kulit Mengelupas

Kulit Mengelupas

Penyakit
3 Asam Amino Esensial yang Paling Berperan untuk Pertumbuhan Otot

3 Asam Amino Esensial yang Paling Berperan untuk Pertumbuhan Otot

Health
Lidah Terasa Asam

Lidah Terasa Asam

Penyakit
Apakah Infeksi Menular Seksual Bisa Disembuhkan?

Apakah Infeksi Menular Seksual Bisa Disembuhkan?

Health
Payudara Bengkak

Payudara Bengkak

Penyakit
7 Manfaat Nangka untuk Kesehatan

7 Manfaat Nangka untuk Kesehatan

Health
Punggung Panas

Punggung Panas

Penyakit
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.