Kompas.com - 20/12/2020, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Diare pada anak tentu sangat mengkhawatirkan dan membuat orangtua bingung.

Biasanya, diare yang terjadi pada anak tergolong akut dan bisa berlangsung dalam hitungan minggu.

Diare pada anak seringkali dipicu oleh infeksi, alergi makanan, intoleransi laktosa, atau terllau banyak mengonsumsi makanan mengandung gula dan pemanis buatan.

Di sisi lain, diare pada anak juga bisa terjadi karena peradangan pada tubuh, kondisi genetik, gangguan pencernaan, atau penyakit autoimun.

Baca juga: 4 Gejala Awal Kanker Payudara yang Harus Diwaspadai

Apa yang harus dilakukan orangtua?

Biasanya, tidak ada pengobatan khusus untuk mengatasi diare pada anak. Namun, orangtua bisa melakukan beberapa hal untuk membantu mempercepat pemulihan dengan cara berikut:

1. Periksa makanan anak

Catatlah makanan apa saja yang dikonsumsi anak waktu diare. cara ini akan membantu dokter menghilangkan penyebab diare seperto intoleransi makanan atau alergi.

2. Pastikan tidak ada darah pada tinja

Pastikan tidak ada darah pada tinja anak. Terkadang, darah pada tinja bisa berukuran mikroskopis sehingga dokter seringkali meminta smapel tinja untuk melakukan pengujian.

Selain itu, konsultasikan dengan dokter Anda jika anak Anda mengalami diare yang disertai dengan pperubahan berat badan, muntah, demam, dan sakit perut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.