Kompas.com - 30/04/2021, 14:04 WIB
. Shutterstock.

KOMPAS.com - Sakit lutut adalah masalah kesehatan umum yang disebabkan oleh keseleo, artritis, asam urat, sampai infeksi.

Melasnir Mayo Clinic, sebagian besar kasus sakit lutut bisa sembuh dengan obat alami atau obat yang tersedia di apotek dan toko obat.

Namun, untuk kasus yang parah, sakit lutut tidak boleh disepelekan.

Baca juga: 5 Obat Sakit Lutut untuk Mengatasi Nyeri

Masalah kesehatan ini butuh terapi, mengatasi penyebab mendasar sakit lutut, sampai operasi untuk kasus berat.

Berikut beberapa jenis obat sakit lutut alami yang bisa membantu meringankan gejala penyakit dengan kondisi ringan sampai sedang:

1. Gunakan terapi “RICE”

Melansir Healthline, terapi RICE (rest atau istirahat, ice atau kompres es, compression atau kompresi, dan elevation atau ketinggian) adalah pertolongan pertama untuk sakit lutut karena cedera seperti keseleo.

Saat nyeri lutut, upayakan untuk banyak mengistirahatkan bagian kaki. Ketika istirahat, posisikan kaki sedikit lebih tinggi dan tidak menggantung.

Setelah kaki rileks, baru tempelkan kompres dingin atau kantong es ke lutut.

Kemudian balut area lutut yang sakit dengan perban kompresi agar nyeri tidak bengkak. Upayakan jangan terlalu kencang agar peredaran darah tetap lancar.

Baca juga: 14 Penyebab Sakit Lutut yang Sering Dikeluhkan

2. Olahraga

Olahraga adalah obat sakit lutut alami untuk mengatasi nyeri lutut terkait artritis dan masalah kesehatan sejenis.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X