Kompas.com - 19/05/2021, 06:00 WIB
Ilustrasi kulit pisang Ilustrasi kulit pisang

KOMPAS.comPisang merupakan salah satu buah yang cukup populer di dunia. Tidak hanya rasanya yang nikmat, buah ini juga kaya akan kandungan nutrisinya.

Selain buahnya, ternyata kulit pisang juga memiliki segudang manfaat di baliknya.

Salah satunya, kulit pisang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Baca juga: Hati-Hati, Gangguan Tiroid Bisa Memicu Jerawat

Meskipun belum ada penelitian yang komprehensif mengenai hubungan antara kulit pisang dan jerawat, beberapa penelitian menunjukkan kandungan dalam kulit pisang yang dapat memerangi jerawat.

Sebuah publikasi berjudul “Anti-inflammatory effects of lutein in retinal ischemic/hypoxic injury: in vivo and in vitro studies” menunjukkan bahwa kulit pisang mengandung lutein, antioksidan, dan vitamin karotenoid.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Zat ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh matahari.

Kulit pisang juga kaya akan asam lemak esterifikasi yang membantu mengobati masalah kulit, termasuk jerawat.

Studi lain berjudul “Anti-inflammatory and Antioxidant Activities of Extracts from Musa sapientum Peel” menunjukkan bahwa kulit pisang memiliki sifat anti-inflamasi.

Kandungan ini dapat membantu mengurangi peradangan.

Selain itu, dikutip dari Prevent Disease dan Style Craze, kulit pisang mengandung vitamin A, B, C, E, kalium, mangan, seng, dan zat besi yang dapat membantu memudarkan bekas jerawat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X