Kompas.com - 18/05/2021, 10:03 WIB
Ilustrasi diabetes ThinkstockIlustrasi diabetes

KOMPAS.com – Komplikasi diabetes tipe 2 kebanyakan berbahaya dan layak diantisipasi.

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah di atas nilai normal.

Tingginya kadar gula darah ini disebabkan oleh tubuh yang tidak dapat merespons hormon insulin sebagaimana mestinya.

Baca juga: Berapa Kadar Gula Darah Normal dalam Tubuh?

Hormon insulin adalah hormon yang membantu gula darah (glukosa) masuk ke dalam sel tubuh untuk diubah menjadi energi.

Dilansir dari WebMd, diabetes tipe 2 termasuk kondisi umum yang memerlukan penanganan signifikan apakah itu memeriksa gula darah atau kontrol dokter secara rutin.

Selain menangani kondisi itu sendiri, penderita diabetes tipe 2 juga harus menghadapi risiko komplikasi yang terkait dengan penyakit ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misalnya, hidup dengan diabetes tipe 2 berarti seseorang menjadi berisiko tinggi mengalami komplikasi seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan masalah kaki.

Perawatan diri yang baik merupakan kunci untuk menangani penyakit diabetes tipe 2 secara efektif dan mengurangi risiko komplikasi.

Komplikasi diabetes tipe 2

Merangkum Health Line, diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang tak boleh dibiarkan begitu saja karena bisa menyebabkan komplikasi berbahaya.

Berikut ini adalah beberapa komplikasi umum dari diabetes tipe 2 dan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko mengalaminya:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X