Kompas.com - 22/06/2021, 07:31 WIB
ilustrasi diabetes simpson33ilustrasi diabetes

KOMPAS.com – Penyakit diabetes tipe 2 adalah jenis diabetes yang paling sering terjadi.

Bahkan, 90-95 persen penderita diabetes dilaporkan mengalami penyakit diabetes tipe 2.

Penyakit diabetes tipe ini biasanya terjadi pada usia di atas 40 tahun.

Baca juga: 9 Gejala Awal Diabetes Tipe 2 yang Perlu Diwaspadai

Tapi belakangan, peningkatan jumlah anak dengan obesitas telah menyebabkan lebih banyak kasus diabetes tipe 2 pada anak muda.

Merangkum Health Line, berbeda dengan orang dengan diabetes tipe 1, di mana tubuh mereka tidak dapat memproduksi insulin, penderita diabetes tipe 2 memiliki resistensi insulin.

Insulin adalah hormon yang berfungsi membantu gula darah (glukosa) masuk ke dalam sel tubuh untuk diubah menjadi energi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tubuh orang dengan diabetes tipe 2 masih bisa memproduksi insulin, tetapi tidak dapat menggunakannya secara efektif dan efisien.

Kondisi ini bisa memaksa pankreas bekerja lebih keras untuk menghasilkan lebih banyak insulin untuk mencoba memasukkan glukosa ke dalam sel.

Seiring waktu, hal itu bisa merusak sel di pankreas dan para gilirannya pankreas bisa jadi tidak dapat menghasilkan insulin apapun.

Jika tubuh tidak memproduksi insulin atau tidak bisa menggunakannya secara efisien, glukosa dapat menumpuk di aliran darah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X