Kompas.com - 11/09/2021, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Dengan tekstur mentega yang lembut dan rasa yang sangat kaya, tidak mengherankan bahwa kacang mete adalah kacang paling populer di dunia.

Tak hanya lezat, kacang mete ternyata juga dapat berdampak positif terhadap kesehatan.

Kacang mete tidak hanya tinggi protein, serat, dan lemak sehat, tetapi juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh.

Baca juga: Alergi Kacang

Kacang jenis ini juga serbaguna dapat dijadikan sebagai alternatif susu non-dairy, krim, bahkan mentega.

Dari kontrol gula darah yang lebih baik hingga jantung yang lebih sehat, berikut adalah beberapa efek yang dapat Anda harapkan dari kacang mete, seperti dilansir dari Eat This!.

1. Menurunkan berat badan

Sebuah studi tahun 2017 di Nutrients mengungkapkan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi kacang lebih mungkin untuk mempertahankan berat badan yang sehat daripada mereka yang tidak.

Ini bisa jadi karena kacang mete bisa mengenyangkan (berkat kombinasi protein, serat, dan lemak yang kuat), sehingga mendorong penurunan berat badan.

Sementara kacang mete rasanya sangat kaya, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa kacang mete sebenarnya memiliki sedikit lemak dan kalori daripada banyak kacang populer lainnya, seperti almond, kacang tanah, dan kenari.

Satu porsi kacang mete rata-rata mengandung sekitar 137 kalori, tetapi sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan di Nutrients menemukan bahwa tubuh manusia hanya dapat menyerap sekitar 84 persen kalori ini.

Hal ini disebabkan, beberapa lemak yang dikandungnya tetap tersegel di dalam dinding berserat kacang.

Baca juga: Gejala Alergi Kacang yang Perlu Diperhatikan, Bisa Mengancam Nyawa

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.