Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2021, 11:03 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KOMPAS.com – Seseorang pada umumnya dapat didiagnosis mengidap kolesterol tinggi ketika pembacaan kadar kolesterol totalnya mencapai angka 240 mg/dL atau lebih.

Ini adalah kondisi yang tak boleh dibiarkan begitu saja.

Pasalnya, jika tak dikendalikan, kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lanjutan, termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi).

Baca juga: Berapa Kadar Kolesterol Normal pada Orang Dewasa dan Anak?

Bagaimana kolesterol tinggi bisa menyebabkan darah tinggi?

Kolesterol tinggi bisa menyebabkan hipertensi karena gangguan kesehatan ini bisa memengarui kondisi pembuluh darah dan kinerja jantung.

Gejala serangan jantung saat tidur, seperti nyeri dada dan muncul keringat dingin penting dikenali untuk dapat dikonsultasikan segera dengan dokter.

Melansir Health Line, tingginya kadar kolesterol dalam darah mulanya bisa menyebabkan pembentukan plak kolesterol di dinding pembuluh darah.

Nah, pembetukan plak kolesterol ini kemudian bisa menjadi sumbatan aliran darah di pembuluh darah dan pada akhirnya membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah agar dapat melalui pembuluh darah tersebut.

Akibatnya jelas, yakni tekanan darah akan meningkat.

Banyak orang yang hidup dengan kolesterol tinggi selama ini dilaporkan sering berakhir dengan tekanan darah tinggi juga.

Hubungan kolesterol tinggi dan darah tinggi ini secara sederhana bisa digambarkan dengan aktivitas menyiram tanaman dengan selang.

Bayangkan selang air sebagai pembuluh darah, keran air sebagai jantung yang menyediakan pasokan air (darah), dan plak kolesterol sebagai kotoran di dalam selang.

Baca juga: Bagaimana Kolesterol Tinggi Bisa Menyebabkan Serangan Jantung?

Ketika ingin menyiram tanaman kecil seperti bunga, keran air pada umumnya akan diatur dengan tekanan rendah agar air yang keluar dari selang tidak sampai merusak tanaman.

Sementara, ketika ingin menyiram semak-semak atau tanaman berukuran lebih besar, keran air biasanya akan diatur dengan tekanan besar supaya proses menyiram jadi lebih cepat dan efektif.

Tentu akan bisa menjadi masalah ketika di dalam selang ternyata ditemukan pasir atau kotoran yang dapat menyumbat aliran air.

Ketika kondisi ini terjadi, pada umumnya keran air akan dibuka lebih besar bukan? 

Tekanan air yang lebih tinggi diperlukan agar jumlah air yang keluar dari selang tetap sesuai kebutuhan untuk menyiram tanaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com