Kompas.com - 21/10/2021, 11:03 WIB

KOMPAS.com – Seseorang pada umumnya dapat didiagnosis mengidap kolesterol tinggi ketika pembacaan kadar kolesterol totalnya mencapai angka 240 mg/dL atau lebih.

Ini adalah kondisi yang tak boleh dibiarkan begitu saja.

Pasalnya, jika tak dikendalikan, kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lanjutan, termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi).

Baca juga: Berapa Kadar Kolesterol Normal pada Orang Dewasa dan Anak?

Bagaimana kolesterol tinggi bisa menyebabkan darah tinggi?

Kolesterol tinggi bisa menyebabkan hipertensi karena gangguan kesehatan ini bisa memengarui kondisi pembuluh darah dan kinerja jantung.

Melansir Health Line, tingginya kadar kolesterol dalam darah mulanya bisa menyebabkan pembentukan plak kolesterol di dinding pembuluh darah.

Nah, pembetukan plak kolesterol ini kemudian bisa menjadi sumbatan aliran darah di pembuluh darah dan pada akhirnya membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah agar dapat melalui pembuluh darah tersebut.

Gejala serangan jantung saat tidur, seperti nyeri dada dan muncul keringat dingin penting dikenali untuk dapat dikonsultasikan segera dengan dokter.

Akibatnya jelas, yakni tekanan darah akan meningkat.

Banyak orang yang hidup dengan kolesterol tinggi selama ini dilaporkan sering berakhir dengan tekanan darah tinggi juga.

Hubungan kolesterol tinggi dan darah tinggi ini secara sederhana bisa digambarkan dengan aktivitas menyiram tanaman dengan selang.

Bayangkan selang air sebagai pembuluh darah, keran air sebagai jantung yang menyediakan pasokan air (darah), dan plak kolesterol sebagai kotoran di dalam selang.

Baca juga: Bagaimana Kolesterol Tinggi Bisa Menyebabkan Serangan Jantung?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.