Kompas.com - 06/01/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mendengar tentang hormon estrogen? Hormon estrogen atau hormon kewanitaan ini bisa memicu efek samping seperti vagina yang kering, penambagan berat badan, atau sensasi panas jika kadarnya dalam tubuh terllau rendah.

Selain itu, hormon estrogen juga memiliki berbagai manfaat seperti melindungi jantung dan otak, meningkatkan massa otot, meningkatkan mood, dan meningkatkan kehidupan seks.

Menurut pakar obstetri dan ginekologi Swapna Kollikonda estrogen adalah hormon yang bertanggung jawab untuk banyak fungsi dalam tubuh.

Pada wanita, hormon ini berperan penting dalam menunjang pengembangan dan pemeliharaan sistem reproduksi seperti payudara dan rambut di kemaluan.

Kadar estrogen akan meningkat saat pubertas. Setiap bulan, kadar estrogen wanita juga melonjak untuk membantu persiapan rahim dalam proses pembuahan.

Jika tidak terjadi pembuahan, kadar estrogen akan turun dan menstruasi pun terjadi.

Seiring bertambahnya usia, kadar estrogen mulai menurun, menyebabkan menopause yang menandai akhir dari masa reproduksi.

“Seiring bertambahnya usia, fungsi ovarium menurun dan jumlah kantung telur berkurang di ovarium. Hal itu bosa menurunkan kadar estrogen. Ini adalah proses penuaan yang normal," ucap Kolikonda.

Baca juga: 10 Makanan yang Bikin Kulit Rusak

Manfaat estrogen

Selain membantu sistem reproduksi, hormon estrogen juga memiliki sejumlah manfaat berikut:

1. Melindungi jantung

Hormon estrogen membantu menjaga jaringan kardiovaskular tetap sehat. Hormon ini juga membantu menjaga tekanan darah Anda agar tetap stabil.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.