Kompas.com - 22/01/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Selulit biasanya menjadi musuh besar para wanita. Tak hanya memperburuk penampilan, selulit juga bisa membat rasa percaya diri runtuh.

Banyak orang mengira selulit hanya dimiliki oleh orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan.

Faktanya, mereka yang bertubuh kurus pun bisa memiliki selulit.

Menurut dokter kulit dari Cleveland Clinic, Shilpi Khetarpal, selulit adalah sel-sel lemak di kompartemen di bawah kulit kita yang tumbuh seiring waktu karena hormon, gaya hidup, dan diet.

Baca juga: Tetanus

Selulit terbentuk karena jaringan fibrosa yang menghubungkan otot dan kulit mengendur sehingga membuat permukaan kulit menjadi tidak rata atau berkerut.

Hal ini membuat permukaan kulit menjadi tidak rata sehingga muncul selulit. Selulit biasanya muncul di pahal, pinggul, dan bokong.

"Usia, keturunan, dan pilihan gaya hidup dapat mempengaruhi seseorang untuk mendapatkan selulit,” tambah Khetarpal.

Selain itu, seseorang juga bisa memiliki selulit jika memiliki anggota keluarga yang memilikinya, berusia senja. gaya hidup pasif, dan sering konsumsi makanan tinggi lemak.

Selulit biasanya terbentuk pada kulit wanita. Sebab, jaringan fibrosa pria lebih kuat dan terstruktur sehingga lebih cenderung menahan lemak.

Selain itu, pria juga memiliki testosteron yang membantu membatasi lemak tubuh.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.