Kompas.com - 21/01/2022, 16:01 WIB

KOMPAS.com - Sayuran termasuk salah satu makanan yang mengandung antioksidan di samping buah-buahan, kacang-kacangan, gandum utuh, dan protein rendah lemak.

Namun, kandungan antioksidan beberapa jenis sayuran lebih tinggi ketimbang lainnya.

Sebelum menyimak deretan sayuran yang mengandung antioksidan tinggi, kenali dulu apa itu antioksidan dan manfaatnya bagi kesehatan.

Baca juga: Antioksidan: Arti dan Manfaat bagi Tubuh

Manfaat antioksidan

Antioksidan adalah molekul yang berguna untuk melawan radikal bebas dalam tubuh.

Dilansir dari BetterHealth, proses oksidasi atau metabolisme oksigen di dalam tubuh menghasilkan molekul tidak stabil yang dikenal dengan radikal bebas.

Tubuh membutuhkan radikal bebas dalam jumlah kecil. Namun, apabila kadar radikal bebas di dalam tubuh berlebihan, DNA dan sel lain bisa rusak sampai menyebabkan beragam penyakit.

Proses oksidasi di dalam tubuh bisa lebih cepat dan radikal bebas bisa meningkat pesat karena stres, merokok, minum alkohol, terpapar sinar matahari berlebihan, sering terkena polusi, dan faktor lainnya.

Nah, manfaat antioksidan yang terdapat dalam beberapa makanan termasuk sayuran tertentu dapat menetralkan dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas berlebihan.

Baca juga: 6 Jenis Makanan yang Mengandung Antioksidan

Sayuran yang mengandung antioksidan tinggi

Sayuran memiliki beberapa jenis antioksidan yang baik untuk tubuh. Jenis antioksidan yang umum dari bahan pangan dari tumbuhan ini di antaranya likopen, lutein, zeaxanthin, beta-karoten, atau antosianin.

Berikut beberapa sayuran yang mengandung antioksidan tinggi:

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.