Kompas.com - 29/01/2022, 08:01 WIB

KOMPAS.com - Suara serak adalah masalah kesehatan umum yang kerap dialami banyak orang.

Tak hanya serak, perubahan suara ini umumnya disertai gejala tenggorokan gatal atau rasa tidak nyaman ketika menelan.

Biasanya, suara serak karena berbicara terlalu kencang atau tenggorokan kering bisa sembuh dalam waktu singkat dengan perawatan alami ala rumahan.

Namun, ada juga penderita yang perlu mengonsumsi obat atau mengikuti perawatan medis tertentu untuk menghilangkan suara serak.

Baca juga: 8 Penyebab Suara Serak, Tak Hanya Tenggorokan Kering

Cara menghilangkan serak

Cara menghilangkan serak di tenggorokan bisa secara alami, minum obat, atau perlu perawatan medis. Berikut beberapa di antaranya:

  • Istirahatkan pita suara

Melansir Healthline, ketika suara serak, istirahatkan pita suara dari banyak bicara, berteriak, atau menyanyi selama beberapa hari agar tidak terlalu tegang.

  • Minum banyak air putih

Saat serak, minum banyak air putih untuk melembapkan tenggorokan yang kering. Hindari alkohol dan asupan berkafein seperti teh, kopi, cokelat, atau soda karena bisa bikin suara semakin serak.

  • Gunakan pelembap udara

Pasang humidifier, difusser, atau alat pelembap udara di ruangan yang sering digunakan untuk beraktivitas dalam waktu lama. Alat ini membantu pernapasan lebih lega dan melembapkan tenggorokan yang kering.

Baca juga: 7 Obat Radang Tenggorokan Alami

  • Mandi air panas

Apabila tidak tersedia alat pelembap udara, Anda bisa mandi air panas. Uap dari pancuran air panas bisa membantu membuka jalan napas dan melembapkan saluran napas.

  • Setop merokok

Tak hanya meningkatkan beragam penyakit kronis, merokok juga bisa jadi penyebab suara serak. Paparan asap rokok dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan suara serak.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.