Kompas.com - 30/01/2022, 14:01 WIB

KOMPAS.com - Bagi orang dewasa, bantal adalah salah satu sarana penunjang kenyamanan saat tidur.

Meskipun sekilas terlihat nyaman, hal itu tidak berlaku untuk si kecil. Para ahli kesehatan justru menganjurkan agar bayi tidur tanpa bantal.

Berikut penjelasan kenapa sebaiknya bayi tidur tanpa bantal, kapan bayi boleh tidur pakai bantal, sampai tips memilih bantal yang aman untuk bayi.

Baca juga: Bolehkah Bayi Tidur Tengkurap?

Kenapa sebaiknya bayi tidur tanpa bantal?

Manfaat bayi tidur tanpa bantal utamanya untuk mengurangi risiko kecelakaan saat tidur dan mencegah sindrom kematian mendadak pada bayi.

Dilansir dari What to Expect, memberikan bantal untuk bayi saat tidur bisa berbahaya, karena terkadang si kecil bergerak saat tidur dan wajahnya dapat tertutup bantal.

Mengingat refleks bayi belum bagus, wajah yang tertutup bantal atau barang lain dikhawatirkan bisa menghambat pernapasan dan meningkatkan risiko sindrom kematian mendadak pada bayi.

Selain tidak dianjurkan memberikan bantal, para orangtua juga tidak disarankan menidurkan bayi di dekat selimut, boneka, guling, dsb.

Untuk itu, bayi disarankan tidur di tempat tidur dengan permukaan yang rata, kokoh, bebas dari bantal dan barang-barang yang riskan menutupi wajah bayi.

Orangtua sebaiknya juga tidak membiarkan bayi tidur di bantal menyusui. Pasalnya, bayi berisiko berguling tengkurap saat tidur, atau kepala bayi jatuh terantuk ke depan. Hal itu bisa menghambat jalan napas dan berisiko fatal.

Jadi, seketika setelah ibu kelar memberikan susu untuk bayinya dengan bantal menyusui, segera pindahkan si kecil ke tempat tidurnya.

Baca juga: 4 Pola Tidur Bayi 0-12 Bulan

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.