Kompas.com - 06/02/2022, 06:01 WIB

KOMPAS.com - Mengonsumsi makanan yang sehat sangat penting untuk membantu tubuh melawan infeksi Covid-19 saat isolasi mandiri.

Perlu diketahui, segala sesuatu yang kita makan dan minum dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam melawan dan pulih dari infeksi.

Selain membantu menjaga daya tahan tubuh untuk sembuh dari Covid-19, makanan yang sehat penting untuk mencegah penyakit lain seperti obesitas, jantung, diabetes, sampai kanker.

Berikut beberapa rekomendasi makanan untuk membantu tubuh melawan Covid-19 saat isolasi mandiri.

Baca juga: 8 Penyebab Long Covid-19 Menurut Studi

Makanan untuk melawan Covid-19 saat isolasi mandiri

Rekomendasi makanan untuk melawan Covid-19 saat isolasi mandiri di antaranya buah, sayur, dan asupan protein tinggi minim lemak jahat. Berikut beberapa di antaranya. 

  • Ikan kembung, tuna, salmon

Ikan kembung, tuna, salmon, tongkol, atau teri banyak mengandung omega 3.

Dilansir dari Everyday Health, ikan tinggi omega 3 dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara meningkatkan aktivitas sel darah putih.

  • Daging sapi tanpa lemak, ayam, makanan laut, telur

Sumber protein sehat yang terdapat dalam daging sapi tanpa lemak, ayam tanpa kulit, telur, atau makanan laut juga dapat membantu memperkuat sistem daya tahan tubuh.

Makanan ini mengandung zinc. Menurut studi, sel darah putih dalam sistem kekebalan tubuh tidak dapat bekerja optimal tanpa zinc.

Banyaknya asupan protein sehat yang perlu dikonsumsi setiap orang berbeda-beda, tergantung berat badan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.