Kompas.com - 19/03/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda melihat postur badan seseorang yang condong atau miring ke kanan atau kiri? Atau mungkin merasakan salah satu bahu Anda sepertinya jauh lebih tinggi ketimbang sisi yang lain?

Kemungkinan kondisi tersebut adalah skoliosis.

Penyebab skoliosis tentu beragam. Terlalu sering memikul tas berat, duduk dengan posisi yang buruk, atau faktor keturunan diduga dapat menimbulkan skoliosis.

Baca juga: Skoliosis

Namun, apa itu skoliosis?

Melansir Mayo Clinic, skoliosis adalah kelainan pertumbuhan atau perubahan lekukan tulang belakang yang membengkok ke kiri atau kanan.

Mengutip Orthoinfo, skoliosis sering didiagnosis pada anak-anak remaja umur 10-18 tahun yang masih dalam masa pertumbuhan atau biasa disebut dengan Adolescent Idiopathic Scoliosis (AIS). 

Disebut sebagai idiopathic karena tidak ada penyebab pasti akan kondisi di rentang umur ini.

Kondisi ini dianggap sebagai multi faktor. Dengan kata lain, faktor sebabnya berbeda-beda untuk setiap penderita.

Meskipun tidak diketahui sebab pasti dari skoliosis pada kasus AIS, studi mengetahui bahwa skoliosis kerap kali didiagnosis pada pasien perempuan.

Menilik jurnal PubMed mengenai diagnosis dan manajemen AIS, remaja perempuan 10 kali lebih berisiko untuk mengembangkan AIS dibandingkan laki-laki.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.