Kompas.com - 17/03/2022, 16:01 WIB

KOMPAS.com - Mengantuk atau ngantuk setelah olahraga pagi terkadang bisa mengganggu aktivitas dan menurunkan produktivitas sepanjang hari.

Merasa lelah dan ngantuk setelah olahraga baik di pagi hari atau di waktu lainnya biasanya normal.

Pasalnya, tubuh baru saja melakukan aktivitas fisik. Namun, apabila rutin dijalankan, gaya hidup sehat ini sebenarnya dapat meningkatkan energi.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Ngantuk setelah Makan

Dilansir dari Healthline, manfaat olahraga salah satunya untuk meningkatkan detak jantung dan melancarkan aliran darah. ??

Dengan begitu, tubuh jadi terasa bugar, lebih terjaga, pikiran jadi lebih fokus, dan meningkatkan kesehatan secara umum.

Tapi, perlu diingat kondisi tubuh setiap orang berlainan. Jadi, efek olahraga ini sangat tergantung dengan tingkat kebugaran, pola makan, tingkat hidrasi, jenis dan intensitas olahraga, dan kondisi kesehatan.

Jika Anda merasakan ngantuk setelah olahraga pagi memengaruhi aktivitas sehari-hari, ada baiknya kenali penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Jadi Ngantuk setelah Makan

Penyebab ngantuk setelah olahraga pagi

Ada beberapa kemungkinan alasan kenapa Anda mengantuk setelah olahraga pagi, antara lain:

  • Olahraga terlalu berat

Dilansir dari Live Strong, semakin tinggi intensitas olahraga, maka Anda rentan semakin lelah dan gampang mengantuk setelah berolahraga.

Selama olahraga, tubuh memanfaatkan energi dari molekul yang dikenal dengan adenosine tri-phosphate atau ATP agar tetap aktif bergerak.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.