Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngantuk setelah Olahraga Pagi, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya…

Kompas.com - 17/03/2022, 16:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Mengantuk atau ngantuk setelah olahraga pagi terkadang bisa mengganggu aktivitas dan menurunkan produktivitas sepanjang hari.

Merasa lelah dan ngantuk setelah olahraga baik di pagi hari atau di waktu lainnya biasanya normal.

Pasalnya, tubuh baru saja melakukan aktivitas fisik. Namun, apabila rutin dijalankan, gaya hidup sehat ini sebenarnya dapat meningkatkan energi.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Ngantuk setelah Makan

Dilansir dari Healthline, manfaat olahraga salah satunya untuk meningkatkan detak jantung dan melancarkan aliran darah. ??

Dengan begitu, tubuh jadi terasa bugar, lebih terjaga, pikiran jadi lebih fokus, dan meningkatkan kesehatan secara umum.

Tapi, perlu diingat kondisi tubuh setiap orang berlainan. Jadi, efek olahraga ini sangat tergantung dengan tingkat kebugaran, pola makan, tingkat hidrasi, jenis dan intensitas olahraga, dan kondisi kesehatan.

Jika Anda merasakan ngantuk setelah olahraga pagi memengaruhi aktivitas sehari-hari, ada baiknya kenali penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Jadi Ngantuk setelah Makan

Penyebab ngantuk setelah olahraga pagi

Ada beberapa kemungkinan alasan kenapa Anda mengantuk setelah olahraga pagi, antara lain:

  • Olahraga terlalu berat

Dilansir dari Live Strong, semakin tinggi intensitas olahraga, maka Anda rentan semakin lelah dan gampang mengantuk setelah berolahraga.

Selama olahraga, tubuh memanfaatkan energi dari molekul yang dikenal dengan adenosine tri-phosphate atau ATP agar tetap aktif bergerak.

Ketika Anda menjalani olahraga yang terlalu berat, cadangan energi ATP bakal terkuras. Imbasnya, tubuh jadi lelah dan menuntut istirahat untuk mengumpulkan energi.

  • Tidak cocok dengan jam biologis

Tubuh setiap orang memiliki jam biologis alami yang disebut ritme sirkadian. Jam internal tubuh yang dirancang berbeda-beda ini turut mengatur kemampuan tubuh untuk segera pulih setelah olahraga.

Bagi orang yang terbiasa aktif di sore atau malam hari, apabila mendadak harus olahraga di pagi hari, efeknya bisa membuat seseorang jadi tidak bertenaga dan ngantuk setelah beraktivitas di luar jam aktifnya tersebut.

  • Pola makan tidak tepat

Dukungan nutrisi sehat penting untuk membantu otot segera pulih dan mengembalikan tingkat energi setelah olahraga.

Pola makan yang tidak seimbang atau kurang karbohidrat, pilihan lemak tidak sehat, dan minim protein bisa membuat tubuh kepayahan dan gampang mengantuk setelah olahraga.

Baca juga: 8 Alasan Kenapa Kamu Sering Mengantuk padahal Cukup Tidur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com