Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2022, 08:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Cara menghilangkan mata panda salah satunya bisa dengan memanfaatkan masker dari bahan-bahan alami ala rumahan.

Mata panda adalah lingkaran gelap yang terbentuk di bawah mata. Warna kehitaman yang terbentuk di bawah mata ini berbeda dari memar ketika cedera atau terbentur.

Dilansir dari Mayo Clinic, penyebab mata panda paling sering karena kurang tidur atau kelelahan.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat

Selain itu, kondisi ini terjadi secara alami karena penuaan. Seiring bertambahnya usia, kulit di bagian bawah mata jadi lebih tipis.

Hal itu dipengaruhi berkurangnya kolagen yang berguna untuk menjaga elastisitas kulit.

Kabar baiknya, mata panda bukanlah masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan. Anda bisa menghilangkannya dengan bahan alami di rumah.

Masker mata panda alami

Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai masker untuk menghilangkan mata panda, antara lain:

  • Teh celup

Setelah selesai menyeduh teh celup, jangan buang kantong bekas seduhannya ke tempat sampah. Gunakan untuk masker mata panda.

Dilansir dari Healthshots, kafein yang terkandung dalam teh mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan memperlambat proses penuaan.

Cara menggunakan kantong teh celup untuk masker mata panda yakni dinginkan dulu kantong teh celup bekas seduhan ke dalam lemari es selama 20 menit.

Peras sisa cairannya lalu tempelkan kantong ini di bawah mata. Setelah 15 sampai 30 menit, baru angkat masker alami ini dan bilas sampai bersih.

  • Mentimun

Mentimun mengandung zat yang bisa membantu menyegarkan kulit dan membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

Cara menggunakan mentimun untuk masker mata panda cukup mudah. Dinginkan potongan mentimun ke dalam lemari es. Lalu tempelkan potongan mentimun ini di bagian mata panda selama 10 menit. Baru bilas sampai bersih.

Baca juga: Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Tomat

  • Kentang

Kentang juga bisa membantu menghilangkan mata panda secara alami. Kandungan enzim dalam kentang membantu mengurangi peradangan sekaligus mengencangkan kulit.

Cara menggunakan kentang untuk masker mata panda mirip mentimun. Potong kentang lalu simpan di lemari es. Setelah dingin, tempelkan potongan kentang ke bagian mata panda selama 10 menit. Baru bilas sampai bersih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com