Kompas.com - 25/04/2022, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Mengenali stadium kanker usus penting untuk mengetahui tingkat penyebaran penyakit dan menentukan pengobatan paling tepat.

Seperti diketahui, kanker usus adalah pertumbuhan sel-sel di luar kendali atau tumor ganas di usus.

Dilansir dari Healthline, para pakar yang tergabung dalam Union for International Cancer Control menentukan stadium kanker usus berdasarkan beberapa pertimbangan.

Baca juga: 6 Ciri-ciri Kanker Usus yang Kerap Tak Disadari

Yakni, seberapa besar tumor ganas di usus, apakah kanker baru menyerang dinding usus atau menyebar ke organ sekitarnya, sel kanker sudah atau belum menyebar ke kelenjar getah bening.

Selain itu, stadium kanker usus juga ditentukan tingkat penyebaran kanker dari usus ke organ vital lain seperti liver atau paru-paru.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai kanker usus stadium 0, 1, 2, 3, 4, gejala, dan penyebabnya yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: Kanker Usus Besar: Gejala, Deteksi, dan Cara Mencegah

Stadium kanker usus

Terdapat lima tahap atau stadium kanker usus. Setiap stadium tersebut ditandai dengan nomor dan huruf untuk menunjukkan tingkat keparahan penyakit, yakni:

  • Kanker usus stadium 0

Kanker usus stadium 0 menunjukkan tahap paling awal kanker usus. Pada stadium ini, kanker belum tumbuh di luar lapisan terdalam usus atau mukosa.

  • Kanker usus stadium 1

Kanker usus stadium 1 menunjukkan kanker telah tumbuh di lapisan terdalam usus atau mukosa, sampai lapisan usus selanjutnya atau submukosa. Namun, pada stadium ini kanker usus belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat.

  • Kanker usus stadium 2

Kanker usus stadium 2 menunjukkan kanker telah menyebar di lapisan mukosa dan melampaui jaringan submukosa. Kanker usus stadium 2 lebih lanjut dibagi menjadi lagi menjadi stadium 2A, 2B, dan 2C.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.