Kompas.com - 07/06/2022, 22:01 WIB

KOMPAS.com - Kebiasaan begadang atau tidur larut malam padahal harus beraktivitas di pagi hari bisa menyebabkan kurang tidur.

Kondisi ini apabila berlarut-larut ternyata bisa jadi salah satu faktor penyebab stroke yang membahayakan kesehatan.

Simak penjelasan lebih lanjut terkait studi sampai alasan kenapa begadang bisa jadi penyebab stroke berikut.

Baca juga: Apakah Begadang Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Rendah?

Penelitian terkait begadang dan stroke

Studi di European Heart Journal pada 2011 menunjukkan, sering begadang sampai kurang tidur dapat meningkatkan risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit kardiovaskular lain.

Ahli dari University of Warwick Medical School, meneliti studi selama 25 tahun dari 470.000 peserta riset dari delapan negara seperti Jepang, AS, Swedia, dan Inggirs.

Hasil penelitian menyebutkan, orang yang tidurnya kurang dari enam jam di malam hari memiliki peluang 15 persen lebih tinggi untuk terkena atau meninggal dunia akibat stroke, jika dibandingkan orang yang tidur berkualitas lebih dari enam jam di malam hari.

Studi juga membuktikan, orang yang tidurnya kurang dari enam jam di malam hari memiliki risiko terkena atau meninggal karena penyakit jantung sebesar 48 persen lebih tinggi, jika dibandingkan orang yang tidur berkualitas lebih dari enam jam di malam hari.

“Tren tidur larut malam (begadang) sampai dini hari ini sebenarnya bom waktu untuk kesehatan. Kita perlu mengubahnya untuk mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung yang mengancam jiwa,” kata Profesor Francesco Cappuccio, perwakilan peneliti, seperti dilansir dari ScienceDaily.

Menurut Cappuccio, belakangan tuntutan pekerjaan, stres, dll. membuat orang menukar waktu tidur yang berharga di malam hari untuk aktivitas lain.

Namun, ia mengingatkan sebenarnya risiko kesehatan begadang sampai kurang tidur tak sepadan dengan risiko kesehatan yang dapat mengancam keselamatan.

Baca juga: 7 Efek Buruk Begadang Bagi Kesehatan

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.