Kompas.com - 13/06/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Kutu rambut adalah serangga kecil berkaki enam seukuran biji wijen yang menempel di kulit kepala dan mengisap darah manusia.

Kutu rambut biasanya memiliki panjang tubuh 2-3 mm, memiliki beragam warna, namun paling sering ditemui yang berwarna putih, abu-abu pucat, atau cokelat.

Kutu rambut menjadi masalah umum yang paling sering menyerang anak-anak yang sudah bersosial, seperti sering main di luar rumah, berada di daycare, PAUD, hingga bangku SD.

Kutu rambut yang dibawa anak dari lingkungan luar juga bisa berpindah ke rambut orangtua atau keluarga di rumah.

Baca juga: Tips ala Rumahan untuk Hilangkan Kutu Rambut

Meski kecil, kutu dan telurnya mudah terdeteksi, jika Anda menyisir perlahan rambut anak atau keluarga lainnya.

Bernand Cohen , MD, dokter kulit anak dari John Hopkins Medicine, menyarankan 6 langkah berikut guna mengatasi kutu rambut pada anak-anak.

1. Ketahui cara penyebaran kutu rambut

Sebelum memulai perawatan, pahami bagaimana anak Anda bisa terkena kutu rambut. Kutu tidak melompat, serangga itu juga tak hidup drai hewan peliharaan dan tak ada hubungannya dengan kebersihan pribadi.

Cara penyebaran kutu kepala yang paling umum adalah melalui kontak langsung seperti momen olahraga atau ketika anak rebahan bersama.

Selain itu, anak-anak yang sering menggunakan sisir yang sama dan saling meminjamkan aksesoris rambut, memiliki risiko tinggi terkena kutu rambut.

2. Cegah penyebaran di keluarga

Ketika anak Anda terkonfirmasi memiliki kutu di rambut, ambil langkah berikut untuk mencegah penyebaran ke anggota keluarga lainnya.

  • Hindari berpelukan atau kontak dekat lainnya
  • Cek rambut anggota keluarga lain
  • Lebih rajin mencuci topi, sarung bantal, dan semua barang yang menyentuh kepala. Gunakan air panas untuk merendam barang-barang tersebut agar kutu bisa mati.
  • Pahami siklus hidup kutu rambut

Baca juga: Cara Hilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Kelapa

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.