Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunyit Bisa Sembuhkan Migrain, Ini Alasannya

Kompas.com - 13/06/2022, 16:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Migrain adalah rasa sakit dengan sensasi denyut parah di salah satu sisi kepala yang bisa berlangsung lama sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Migrain termasuk penyakit saraf yang bisa memicu sederetan gejala seperti mual, muntah, dan terasa sensitif terhadap suara atau cahaya.

Obat-obatan dengan kandungan aspirin atau ibuprofen (Advil, Motrin IB), kafein, dan asetaminofen, sering dijadikan untuk meredakan dan menyembuhkan sakit kepala karena migrain.

Baca juga: 8 Obat Migrain Alami yang Praktis dan Bisa Dijajal di Rumah

Sayangnya, pada beberapa kasus mengobati migrain dengan obat-obatan justru memicu efek samping yang tidak baik bagi tubuh, seperti:

  • mulut kering
  • lemah otot
  • mengantuk
  • iritasi kulit
  • gangguan pencernaan seperti diare, perut kembung, maag, sembelit

Itu sebabnya, beberapa orang beralih ke metode pengobatan alami untuk meredakan atau menyembuhkan sakit kepala akibat migrain.

Kunyit atasi Migrain

Salah satu rempah-rempah yang cocok dijadikan obat migrain ialah kunyit karena memiliki kandungan senyawa akif polifenol berupa kurkumin.

Kurkumin inilah yang berkhasiat dalam meredakan rasa sakit pada kepala akibat migrain.

Penelitian Nutr Neurosci pada 2019, 100 orang penderita migrain cepat pulih setelah mengonsumsi suplemen mengandung kurkumin dan koenzim Q10.

Dilansir dari Healthline, penelitian lain juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kombinasi omega-3 dan kurkumin memiliki serangan migrain yang ringan.

Sementara itu, Joy Houston dari Somina Wellness Center di San Diego, mengungkap bahwa kunyit bisa memberikan efek yang lebih baik dibandingkan obat-obatan atau ibuprofen yang dijual secara bebas.

Di samping itu, kunyit tidak menyebabkan efek samping apapun dibanding obat-obatan.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Sakit Kepala Biasa dan Migrain

Manfaat kunyit selain redakan migrain

Sebagai rempah-rempah yang mengandung senyawa aktif polifenol, kurkumin, yang berfokus menangkal radikal bebas dan antiinflamasi, kunyit punya banyak manfaat lain seperti:

  • Kurkumin panya kunyit dapat membantu memerangi resistensi insulin dan menurunkan kadar glukosa dalam darah. Kondisi ini dapat mencegah seseorang mengidap diabetes tipe 2.
  • Membantu mencegah serangan jantung pada seseorang yang baru saja mendapat tindakan bypass akibat penyumbatan pembuluh darah arteri koroner.
  • Mengurangi nyeri akibat osteoarthritis (OA) atau pengapuran sendi lutut akibat proses penuaan yang mengakibatkan sendi menjadi aus atau rusak.
  • Sebagai antioksidan dan antiinflamasi, kunyit juga dapat mengatasi gangguan saluran pencernaan, seperti asam lambung dan gastroesophageal reflux disease (GERD).

Anda dapat mengolah kunyit dengan cara sederhana menjadi minuman atau sari kunyit.

Beberapa rempah-rempah lain, seperti jahe, serai, daun pandan, dan gula aren, bisa ditambahkan untuk menambah rasa dan khasiat dari sari kunyit.

Baca juga: Benarkah Migrain Dapat Menyebabkan Sakit Gigi?

Selain kunyit, ada beberapa bahan alami yang juga memiliki manfaat dalam menyembuhkan migrain, antara lain:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com