Kompas.com - 19/06/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Hubungan seksual merupakan kebutuhan dasar manusia yang terbilang normal dan sehat apabila dilakukan dengan benar dan consent.

Melansir Everyday Health, psikoterapis Tina B. Tessina, PhD, menyatakan bahwa nafsu seksual yang sehat dapat dikendalikan. Artinya, mental seseorang akan tetap stabil, meski hasrat seksualnya tidak dapat terlampiaskan.

Kendati demikian, ada titik kritis ketika hasrat seksual yang tadinya normal dan sehat menjadi tidak terkendali atau bisa disebut sebagai kecanduan seks.

"Orang yang mengalami kecanduan seksual, akan merasa putus asa dan hancur apabila tidak dapat menyalurkan hasratnya. Bahkan, rela melakukan apapun demi memuaskan diri," tutur Tina B. Tessina, PhD, kepada Everyday Health.

Baca juga: Apa Penyebab Kentut Saat Berhubungan Seks?

Kecanduan seksual dapat ditunjukkan dalam berbagai tindakan.

Menurut Kathryn A. Cunningham, PhD, direktur Center for Addiction Research di University of Texas Medical Branch kepada Everyday Health, ada 5 tanda kecanduan seks yang harus Anda ketahui dan sebaiknya tertangani.

1. Kehidupan seseorang didominasi hasrat seks

Dalam hal ini, seks mendominasi kehidupan individu hingga mengesampingkan kegiatan lain. Orang dengan tanda ini biasanya akan merasa rapuh apabila hasrat seksualnya tidak terpenuhi.

2. Mencari kepuasan di luar hubungan seks bersama pasangan

Seseorang terlibat dalam telepon seks berbayar, kecanduan film porno, berhubungan seksual dengan PSK, hingga eksibisionisme atau tindakan mengekspos alat kelamin mereke ke orang lain dan merasa sangat bersemangat saat melakukannya.

3. Terbiasa atau terlalu sering melakukan masturbasi.

Pada beberapa kasus, ada orang yang tetap merasa tak puas meski sudah melakukan penetrasi ditambah masturbasi.

Baca juga: Sering Jadi Pelumas Seks, Minyak Kelapa Bisa Sebabkan Infeksi Jamur Vagina

4. Tidak puas hanya memiliki satu pasangan

Seseorang dengan kecanduan seksual, punya kecenderungan untuk selingkuh karena merasa butuh orang lain untuk menyalurkan hasrat seksual.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.