Kompas.com - 16/01/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.comNarsisme seksual adalah kondisi ketika seseorang memiliki pandangan yang tidak realistis tentang seksualitas mereka.

Melansir dari Medical News Today, mereka mungkin mengalami peningkatan daya tarik seks dan gagasan berlebihan tentang keterampilan seksual mereka.

Mereka mungkin juga hanya peduli pada kepuasan seksual mereka sendiri.

Baca juga: Tak Hanya Fisik, Menopause juga Bisa Berdampak pada Kesehatan Mental

 

Sifat-sifat ini dapat membuat sulit untuk mempertahankan hubungan yang sehat.

Seorang narsisis seksual adalah orang yang memiliki sifat narsistik, seperti hak, empati rendah, atau superioritas, dalam konteks seksual.

Mereka mungkin memaksa dan memanipulasi orang lain untuk memenuhi kebutuhan fisik dan seksual mereka sendiri dan mungkin tidak peduli dengan keinginan atau perhatian orang lain.

 

Apa itu narsisme seksual?

Pada dasarnya, narsisme seksual mengacu pada pola interaksi seksual egosentris yang melibatkan sifat-sifat narsistik yang hanya muncul dalam perilaku dan sikap seksual seseorang terhadap seks.

Ini biasanya melibatkan kecenderungan untuk mengeksploitasi orang lain, kurangnya empati terhadap orang lain, perasaan superioritas, dan kebutuhan yang berlebihan akan kekaguman.

Banyak dari penelitian awal menyelidiki narsisme seksual muncul dari keyakinan yang berpusat pada diri sendiri, perilaku disfungsional, dan agresi seksual.

Baca juga: 4 Hal yang Tak Boleh Diucapkan pada Seseorang dengan Gangguan Mental

Gejala

Para peneliti mengembangkan skala narsisme seksual untuk menyoroti komponen penting narsisme yang biasanya aktif dalam domain seksual. Pola perilaku ini biasanya meliputi:

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.