Kompas.com - 24/06/2022, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Ulkus dekubitas atau dikenal awam dengan penyakit dekubitus perlu perawatan tepat agar penyakit tidak terkena infeksi parah.

Perlu diketahui, ulkus dekubitus adalah luka terbuka yang terbentuk di kulit karena tekanan terus-menerus pada sebagian tubuh dalam jangka panjang.

Dilansir dari WoundSource, masalah kesehatan ini biasanya dialami pasien yang tirah baring (bedrest) dalam waktu lama, pengguna kursi roda, atau orang yang susah bergerak karena penyakit dan kelainan bawaan.

Baca juga: Kenali Apa itu Ulkus Dekubitus, Luka Akibat Bedrest Berkepanjangan

Biasanya, ulkus dekubitus muncul di bagian pantat, pinggul, tulang belakang, bahu, tulang ekor, pergelangan kaki, siku, dan tumit.

Sebelum mengenali perawatan luka dekubitus, kenali dulu penyebab masalah kesehatan ini.

Penyebab ulkus dekubitus

Ulkus dekubitus terjadi ketika bagian kulit tertekan beban tubuh dalam waktu lama. Kondisi ini bisa menghambat pasokan darah ke bagian tubuh tersebut.

Tanpa aliran darah yang cukup, sel-sel jaringan kulit sekitar yang tertekan bisa rusak dan terluka. Luka tersebut awalnya berwarna kemerahan. Kemudian, lama-kelamaan warnanya jadi lebih gelap.

Apabila tekanan di bagian tubuh tersebut tidak dikurangi, jaringan kulit yang tertekan dan rusak lama-kemanaan bisa mati.

Ketika luka atau koreng dekubitus tak dirawat atau diobati dengan tepat, luka bisa terinfeksi dan terkadang dampaknya bisa fatal.

Baca juga: Mengenal Tahapan Ulkus Dekubitus yang Perlu Dicermati

Perawatan luka dekubitus

Perawatan luka dekubitus perlu mengurangi tekanan pada bagian tubuh yang terluka, membersihkan dan mengobati luka, mengurangi nyeri, mengendalikan infeksi, dan menjaga asupan sehari-hari. Berikut beberapa di antaranya:

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.