Kompas.com - 05/07/2022, 18:17 WIB

KOMPAS.com – Perusahaan yang bergerak di bidang fast moving consumer goods (FMCG), Enesis Group, terus berupaya untuk membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran penyakit dengue.

Upaya tersebut Enesis lakukan dengan mengadakan program Mobil Edukasi Keliling.

Adapun seremonial pelepasan Mobil Edukasi Keliling dilakukan oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Enesis Ryan Tirta Yudhistira bersama Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Republik Indonesia (RI) dr Dante Saksono dan Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat dr Imran Agus pada Selasa (5/7/2022).

Selain itu, Enesis juga turut ambil bagian pada peringatan Asean Dengue Day 2022 yang berlangsung mulai Juli 2022 hingga Sabtu (20/8/2022) yang bertepatan dengan Hari Nyamuk Sedunia.

Pada peringatan tersebut, Enesis menggalakkan kampanye “Wujudkan Indonesia Bebas Dengue”.

Baca juga: Perbedaan Demam Gejala DBD, Tipes, dan Malaria menurut Dokter

Sebagai informasi, salah satu wabah tahunan yang kerap terjadi di Indonesia adalah demam berdarah dengue (DBD).

Berdasarkan laporan kumulatif hingga minggu ke-23 2022, dari 451 kabupaten dan kota yang ada di seluruh Indonesia, terdapat 52.313 kasus dan 488 kematian yang diakibatkan oleh DBD.

Ryan mengatakan, program Mobil Edukasi Keliling merupakan hasil kerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk memberikan imbauan kepada masyarakat tentang penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Pada tahap awal, mobil edukasi akan menyasar sekolah dasar, pasar, rumah sakit (RS), MTI, dan ibu-ibu pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK). Mobil ini akan ada di beberapa kota, seperti Bandung, Cirebon, Yogya, dan Malang. Secara bertahap kami akan menyasar lebih dari 100 titik di seluruh Indonesia,” ujar Ryan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

Untuk penerapan PHBS, lanjut Ryan, hal tersebut dapat dimulai dari hal kecil. Salah satunya, dengan membiasakan mencuci tangan dengan sabun.

Baca juga: 5 Cara Pengobatan Demam Berdarah (DBD), Apa Saja?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.