Kompas.com - 15/07/2022, 21:01 WIB

KOMPAS.com - Banyak pasangan ketar-ketir ketika mendapati kondom bocor saat berhubungan seks.

Salah satu kekhawatiran paling besar dari kondom bocor yakni apakah pasangan bisa hamil?

Kondom bisa bocor ketika digunakan dengan cara tidak tepat. Seperti terlalu mepet ke penis, berhubungan seks tapi minim pelumasan, atau digunakan bersama pelumas berbahan dasar minyak.

Simak penjelasan berikut apa yang perlu Anda lakukan saat mendapati kondom bocor.

Baca juga: Apakah Kondom Bisa Bocor saat Digunakan?

Kondom bocor, apakah pasangan bisa hamil?

Kemungkinan kondom bocor apakah bisa hamil atau tidak sangat tergantung kondisi Anda dan pasangan ketika berhubungan seks.

Dilansir dari PlannedParenthood, jika pasangan yang berhubungan seks menggunakan kondom bocor segera menarik penis keluar dari vagina sebelum ejakulasi, sangat kecil kemungkinan wanita bisa hamil.

Perlu diketahui, risiko hamil ketika memakai kondom bocor dan pasangan menarik penis dari vagina sebelum ejakulasi masih ada meskipun sangat kecil.

Risiko ini bisa berasal dari cairan pra-ejakulasi yang sudah keluar saat foreplay, terutama saat hubungan seks dilakukan pada masa subur.

Apabila pasangan yang berhubungan seks menggunakan kondom bocor menarik penis keluar dari vagina setelah ejakulasi dan terdapat air mani yang masuk ke vagina, ada kemungkinan wanita bisa hamil.

Sayangnya, sebagian pasangan baru menyadari kondom bocor setelah kelar berhubungan seks. Jika sudah kadung begini, ada beberapa hal yang perlu pasangan lakukan.

Baca juga: 7 Cara Memakai Kondom Agar Tidak Bocor, Jangan Asal-asalan

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.