Kompas.com - 15/07/2022, 16:01 WIB

KOMPAS.com - Cara mengatasi perut perih perlu disesuaikan akar penyebab masalah kesehatan ini.

Dilansir dari Healthline, penyebab perut perih biasanya berasal dari gangguan pencernaan, infeksi, penyakit asam lambung kronis, atau tukak lambung.

Di beberapa kasus yang lebih jarang, alasan kenapa perut perih juga bisa berasal dari sindrom iritasi usus, hernia, sampai kanker lambung.

Berikut beberapa cara mengobati perut perih sampai kapan perlu waspada dengan masalah kesehatan ini.

Baca juga: 10 Penyebab Perut Perih, Bisa dari Makanan sampai Tanda Penyakit

Cara mengatasi perut perih secara alami dan pakai obat

Saat perut perih, Anda bisa minum obat sampai mengganti kebiasaan makan dan beraktivitas untuk mencegah masalah kesehatan ini. Disarikan dari beberapa sumber, berikut beberapa di antaranya:

  • Minum obat sesuai penyebab perut perih

Perut perih karena asam lambung naik, infeksi lambung, gangguan pencernaan, maag, atau sindrom iritasi usus biasanya bisa diredakan dengan minum obat dijual bebas di apotek dan toko obat. Tapi, untuk perut perih karena infeksi bakteri H. pylori, Anda butuh antibiotik yang diresepkan dokter.

  • Makan pisang

Dilansir dari Oladoc, pisang bisa digunakan sebagai obat perut perih karena mengandung antasida alami. Coba makan ini saat perut terasa perih. Pilih jenis pisang yang tidak asam dan sudah matang.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Perut Begah dengan Cepat

  • Hindari makanan dan minuman penyebab perut perih

Dilansir dari MedicalNewsToday, terkadang penyebab perut perih berasal dari makanan atau minuman tertentu seperti susu, gluten, kafein, alkohol, soda, gorengan, makanan berlemak, makanan asam, atau makanan pedas. Coba identifikasi dan sebisa mungkin hindari asupan penyebab perut perih tersebut.

  • Jangan makan berlebihan

Dilansir dari HarvardHealthPublishing, saat perut perih, hindari makan berlebihan. Ganti kebiasaan ini dengan makan menggunakan porsi yang lebih kecil tapi sering. Makan berlebihan bisa membuat asam lambung rawan naik.

Baca juga: 5 Obat Perut Begah Alami yang Bisa Dijajal di Rumah

  • Makan perlahan-lahan

Selain makan berlebihan, makan terlalu cepat juga bisa menekan klep yang mengatur naik turunnya asam lambung. Kondisi ini juga bisa membuat asam lambung naik. Ganti kebiasaan Anda dengan makan perlahan-lahan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.