Kompas.com - 02/08/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Kolesterol tinggi adalah kondisi ketika ada terlalu banyak zat lemak yang disebut kolesterol dalam darah Anda.

Sebenarnya, kolesterol diperlukan tubuh untuk pembentukan membran sel, hormon tertentu, dan vitamin D.

Namun, terlalu banyak kolesterol dalam darah bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti jantung koroner, stroke, dan tekanan darah tinggi.

Baca juga: 12 Gejala Kekurangan Zat Besi, Jangan Diabaikan

Penyebab kolesterol tinggi

Selain melalui makanan, ada beberapa hal tak terduga yang bisa memicu kolesterol tinggi. Berikut beberapa hal yang bisa memicu kolesterol tinggi:

1. Stres

Stres kronis menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk kolesterol tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa stres meningkatkan risiko kolesterol LDL, yang biasa disebut kolesterol jahat, dan menurunkan kadar kolesterol HDL, yang biasa disebut kolesterol baik.

Saat stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol dan adrenalin, yang menyebabkan gula darah lebih tinggi dan peradangan.

Seiring waktu, kondisi ini dapat menyebabkan hati memompa lebih banyak kolesterol dan lemak darah yang disebut trigliserida.

2. Efek obat

Beberapa obat mungkin memiliki efek tak terduga pada kolesterol Anda, seperti pil KB tertentu, retinoid, kortikosteroid, antivirus, dan antikonvulsan.

Beberapa obat untuk tekanan darah tinggi, seperti diuretik dan bentuk beta-blocker juga dapat meningkatkan kolesterol Anda.

Halaman:
Sumber Web MD

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.