Kompas.com - 05/08/2022, 07:36 WIB

KOMPAS.com - Kebanyakan wanita merasa senang saat melihat dua garis biru pada alat tes kehamilan. Sebagian dari mereka mungkin sudah siap akan tanda-tanda awal kehamilan yang menyertai hasil positif di testpack.

Sebagian wanita mungkin sudah hafal akan tanda-tanda klasik kehamilan, seperti telat haid, payudara lembut, hingga muntah-muntah.

Kendati demikian, di luar tanda-tanda yang sudah disebutkan di atas, seorang wanita yang sedang hamil juga dapat mengalami sejumlah gejala lain. 

Baca juga: 6 Tips Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil, Termasuk Minum Vitamin

Berikut 7 gejala lain pada awal kehamilan yang perlu kita ketahui:

1. Keputihan

Keputihan merupakan kondisi normal yang terjadi pada wanita di usia subur. Keputihan pada wanita hamil akan menunjukkan ciri yang berbeda yaitu lebih lengket dan berwarna putih atau kuning pucat.

Keputihan ini biasanya muncul di awal trimester pertama atau sepanjang usia kehamilan.

Peningkatan hormon dan aliran darah vagina menyebabkan keluarnya cairan. Volume keputihan dapat meningkat selama kehamilan untuk mencegah infeksi saat serviks dan dinding vagina Anda melunak.

2. Suhu tubuh meningkat (panas)

Ovulasi menyebabkan suhu tubuh wanita sedikit mengalami peningkatan. Biasanya suhu tubuh akan kembali normal setelah wanita mendapatkan haid pada periode berikutnya.

Namun, apabila suhu tubuh tetap meningkat selama lebih dari dua minggu dan bukan karena demam, besar kemungkinan Anda positif hamil.

Dilansir dari Health, peningkatan suhu tubuh (basal) selama kehamilan bisa mencapai lebih dari 0,15 derajat celcius.

Baca juga: 8 Tanda-tanda Waktu Kesuburan Wanita Tiba yang Memudahkan untuk Hamil

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.