Kompas.com - 11/08/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hingga akhir tahun 2020 ada 7,8 wanita yang mengalami kanker payudara.

Data tersebut menunjukan bahwa kanker payudara menjadi jenis kanker yang paling umum terjadi.

Kanker payudara bukanlah penyakit menular atau disebabkan karena infeksi virus tertentu. Penyakit ini berkembang karena faktor risiko seperti bertambahnya usia, obesitas, penggunaan alkhol, genetik, paparan radiasi, dan riwayat reproduksi.

Kebiasaan merokok dan terapi hormon pascamenopasue juga bisa memicu penyakit ini.

Baca juga: Apakah Kuku Cantengan Perlu Dioperasi?

Makanan untuk mencegah kanker payudara

Jika merunut laman healthline, pola makan juga bisa meningkatkan risiko kita terkena kanker payudaran.

Di sisi lain, kita juga bisa mengurangi risiko kanker payudara dengan mengonsumsi makanan tertentu. Berikut beberapa jenis makanan yang bantu cegah kanker payudara:

1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau mengandung antioksidan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang membantu menurunkan risiko kanker payudara.

Studi yang meneliti lebih dari 7000 orang menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi karotenoid lebih banyak mengalami pengurangan risiko payudara secara signifikan.

Studi lanjutan yang meneliti 32000 wanita juga menemukan bahwa kadar total karotenoid dalam darah yang lebih tinggi mampu menurunkan risiko kanker payudara hingga28 persen.

2. Buah sitrus

Buah sitrus mengandung banyak senyawa seperti folat, vitamin C, dan karotenoid yang semunya membantu dalam mencegah kanker payudara.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Healthline

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.