Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2022, 09:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hingga akhir tahun 2020 ada 7,8 wanita yang mengalami kanker payudara.

Data tersebut menunjukan bahwa kanker payudara menjadi jenis kanker yang paling umum terjadi.

Kanker payudara bukanlah penyakit menular atau disebabkan karena infeksi virus tertentu. Penyakit ini berkembang karena faktor risiko seperti bertambahnya usia, obesitas, penggunaan alkhol, genetik, paparan radiasi, dan riwayat reproduksi.

Kebiasaan merokok dan terapi hormon pascamenopasue juga bisa memicu penyakit ini.

Baca juga: Apakah Kuku Cantengan Perlu Dioperasi?

Makanan untuk mencegah kanker payudara

Jika merunut laman healthline, pola makan juga bisa meningkatkan risiko kita terkena kanker payudaran.

Di sisi lain, kita juga bisa mengurangi risiko kanker payudara dengan mengonsumsi makanan tertentu. Berikut beberapa jenis makanan yang bantu cegah kanker payudara:

1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau mengandung antioksidan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang membantu menurunkan risiko kanker payudara.

Studi yang meneliti lebih dari 7000 orang menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi karotenoid lebih banyak mengalami pengurangan risiko payudara secara signifikan.

Studi lanjutan yang meneliti 32000 wanita juga menemukan bahwa kadar total karotenoid dalam darah yang lebih tinggi mampu menurunkan risiko kanker payudara hingga28 persen.

2. Buah sitrus

Buah sitrus mengandung banyak senyawa seperti folat, vitamin C, dan karotenoid yang semunya membantu dalam mencegah kanker payudara.

Selain itu, sitrus juga kaya antioksidan yang memberikan efek anti kanker dan anti inflamasi.

Riset yang meneliti 8000 orang juga menemukan bahwa asupan jeruk atau buah stirus yang tinggi mampu mengurangi risiko kanker payudara hingga 10 persen.

3. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan mackerel, kaya akan omega 3, selenium, dan antioksidan yang memberikan efek perlindungan kanker.

Riset yang menganalisis 26 penelitian pada 883.000 orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi sumber makanan laut mengandung omega 3 memiliki penurunan risiko kanker payudara hingga 14 persen.

Baca juga: 11 Cara Menghilangkan Komedo Putih secara Alami dan Skincare Tepat

4. Buah beri

Konsumsi buah beri secara rutin dapat membantu menurunkan risiko kanker tertentu, termasuk kanker payudara.

Buah beri mengandung antioksidan, termasuk flavonoid dan anthocyanin, yang telah terbukti melindungi dari kerusakan sel, serta perkembangan dan penyebaran sel kanker.

Riset yang meneliti 75.929 wanita juga menemukan bahwa konsumsi buah beri yang tinggi, khususnya blueberyy, memiliki risiko kanker payudara yang lebih rendah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com