Kompas.com - 09/08/2022, 18:31 WIB

KOMPAS.com - Komedo putih adalah jenis jerawat tertutup yang disebabkan pori-pori kulit tersumbat minyak dan kulit mati.

Pori-pori dapat tersumbat ketika sebum atau minyak tidak bisa menembus permukaan kulit dan terjebak di dalam pori-pori kulit.

Dilansir dari Cleveland Clinic, masalah kulit menyebabkan munculnya benjolan kecil-kecil yang menonjol ke dalam kulit dan terlihat kekuningan atau keputihan.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung secara Alami dan Pakai Obat

Problem kulit yang dikenal dengan whitehead ini biasanya dialami remaja, anak muda umur 20 tahunan, dan orang berusia 30 tahunan.

Meskipun Anda tergiur untuk menghilangkan komedo putih dengan memencet benjolan di dalam kulit, tapi hindari cara ini.

Bukannya komedo hilang, pori-pori kulit justru terinfeksi bakteri, memicu jerawat meradang, sampai meninggalkan bopeng bekas jerawat yang susah dihilangkan.

Cara menghilangkan komedo putih

Cara menghilangkan komedo putih secara alami membutuhkan perawatan tepat serta skincare yang cocok untuk mengatasi masalah kulit ini. Dilansir dari MedicalNewsToday dan Healthline, berikut beberapa di antaranya:

  • Jangan sering-sering menyentuh wajah

Hindari kebiasaan menyentuh wajah. Terutama ketika kondisi tangan belum bersih. Kebiasaan menyentuh wajah bisa membuat Anda tergiur memencet komedo dan menyebabkan jerawat meradang.

  • Bersihkan kulit minimal dua kali sehari

Cara menghilangkan komedo secara alami lainnya yakni bersihkan kulit wajah minimal dua kali sehari. Gunakan sabun lembut dan air hangat. Setelah wajah banyak berkeringat seperti habis olahraga atau kepanasan, cuci wajah lagi.

  • Pilih produk skincare yang tepat

Agar komedo tidak semakin parah, pilih produk skincare nonkomedogenik atau bebas minyak agar tidak menyumbat pori-pori kulit. Hindari juga produk yang mengandung pewangi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.