Kompas.com - 18/08/2022, 20:31 WIB

KOMPAS.com - Tahukah Anda? Di balik citarasanya yang manis, ternyata ada sederet manfaat kurma untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Dilansir dari Medical News Today, buah yang biasanya banyak dikonsumsi di bulan puasa dan musim haji ini tinggi kalori, tapi menyimpan nutrisi penting yang baik untuk tubuh.

Kurma mengandung banyak antioksidan, potasium, gula alami, dan serat. Buah ini juga bisa menambah asupan vitamin B6, zat besi, magnesium, dan kalium. Dengan sederet kandungan gizi tersebut, simak beberapa khasiat buah populer ini.

Baca juga: Kurma untuk Penderita Diabetes, Begini Baiknya...


Manfaat kurma untuk kesehatan

Konsumsi kurma dengan porsi sedang atau tidak berlebihan bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa di antaranya:

  • Menangkal radikal bebas

Dilansir dari Health, kurma memiliki banyak antioksidan alami seperti polifenol, karotenoid, tanin, dan sterol.

Zat ini penting untuk melawan efek buruk radikal bebas penyebab stres oksidatif. Untuk diketahui, stres oksidatif adalah biang penuaan dini sampai peradangan penyebab penyakit kronis.

  • Melancarkan buang air besar

Makan tiga butir kurma bisa mencukupi hampir 20 persen kebutuhan serat per hari. Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Studi telah membuktikan, pria yang rutin makan kurma setiap hari selama tiga minggu cenderung tidak pernah mengalami sembelit. Mereka rutin buang air besar dengan kondisi tinjanya minim zat kimia biang kanker.

Baca juga: Anjuran Makan Kurma agar Tetap Sehat

  • Melindungi kesehatan jantung

Kurma juga dapat melindungi kesehatan jantung. Penelitian membuktikan, orang yang rutin makan kurma kadar lemak dalam darah, kolesterol jahat, dan kolesterol totalnya menurun. Selain itu, kadar gula darahnya lebih terkontrol.

Kandungan antioksidan asam felonik dalam buah ini juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.