Kompas.com - 28/12/2021, 18:01 WIB

KOMPAS.com - Cuka balsamic atau balsamic vinegar adalah salah satu saus salad yang kerap digunakan dalam menu makanan sehat.

Beberapa orang menggunakan cuka berbahan jus anggur dengan cita rasa asam kompleks ini sebagai pengganti mayones yang lebih tinggi kalori.

Selain lebih rendah kalori, balsamic vinegar juga mengandung senyawa antimikroba, asam asetat, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Berikut beberapa potensi manfaat balsamic vinegar beserta risikonya untuk kesehatan.

Baca juga: 10 Manfaat Ginkgo Biloba untuk Kesehatan

Manfaat balsamic vinegar untuk kesehatan

Beberapa penelitian membuktikan, cuka balsamic memiliki potensi manfaat untuk kesehatan, seperti:

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Melansir Medical News Today, kandungan asam asetat dalam balsamic vinegar mengandung probiotik. Senyawa ini dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan sekaligus menunjang kekebalan tubuh.

  • Menurunkan kolesterol

Manfaat balsamic vinegar yang sayang dilewatkan adalah menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Senyawa antioksidan yang terdapat dalam zat ini membantu memblokir sel-sel beracun dalam tubuh, biang naiknya kolesterol.

  • Mencegah gula darah melonjak

Penelitian membuktikan, balsamic vinegar membantu mencegah gula darah melonjak setelah makan. Cuka ini memiliki kandungan senyawa anti-glikemik saat dikonsumsi.

Baca juga: 10 Manfaat Anggur untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

  • Membantu menurunkan berat badan

Kandungan probiotik dalam balsamic vinegar juga dapat membantu menjaga perut awet kenyang. Agar manfaat ini lebih optimal, coba tambahkan cuka ini ke menu sarapan.

  • Mengontrol tekanan darah

Salah satu uji laboratorium membuktikan, balsamic vinegar juga berguna untuk menurunkan tekanan darah. Manfaat ini dapat diperoleh setelah seseorang rutin mengonsumsinya dan pantang makanan tinggi lemak jahat seperti mentega dan gorengan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.