Kompas.com - 27/08/2022, 16:31 WIB

KOMPAS.com - Beberapa makanan ternyata mengandung senyawa beracun yang bisa sebabkan gangguan kesehatan.

Makanan atau minuman yang kita santap mungkin memberi rasa nikmat di mulut dan membuat perut terisi. Sayangnya, sebagian orang cenderung abai akan zat yang terkandung pada makanan tersebut.

Mereka mungkin hanya berpikir bahwa makanan mengandung nutrisi yang dapat menjadi sumber tenaga bagi tubuh. Padahal, tidak semua kandungan pada makanan aman bagi tubuh manusia.

Baca juga: Benarkah Memanaskan Ulang Sayur Bayam Menjadikannya Racun?

Makanan atau minuman dalam kemasan, makanan berpemanis buatan, hingga menu bakaran rupanya mengandung racun yang mengakibatkan seseorang berisiko terkena penyakit mematikan.

Berikut 6 racun pada makanan yang perlu Anda waspadai.

1. Bisphenol A (BPA)

Bisphenol A (BPA) adalah bahan kimia yang biasa ditemukan dalam wadah plastik dari banyak makanan dan minuman. Selain plastik, BPA juga terkandung pada kaleng logam, misalnya untuk ikan atau buah kaleng.

Perlu Anda ketahui, sebuah penelitian menunjukkan bahwa BPA dapat mengontaminasi makanan atau minuman di dalamnya.

BPA yang masuk ke dalam tubuh diyakini meniru estrogen dengan mengikat ke situs reseptor dan mengganggu fungsi hormon endokrin.

Penelitian pada hewan hamil menunjukkan bahwa paparan BPA menyebabkan masalah terkait reproduksi serta meningkatkan risiko penyakit mematikan, seperti kanker payudara dan prostat untuk janin yang sedang berkembang.

Kendati begitu, belum ada penelitian terhadap manusia terkait BPA yang dapat sebabkan kanker payudara dan kanker prostat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.