Kompas.com - 26/09/2022, 12:38 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

SELAMA pandemi angka kematian akibat miokarditis meningkat pesat di Amerika Serikat. Peningkatan ini diduga berhubungan pandemi covid-19. Baik itu merupakan akibat infeksi ataupun efek samping vaksinasi.

Berbagai penelitian belum bisa menjelaskan hubungan tersebut. Kondisi ini sungguh memprihatinkan.

Namun selama mempelajari mekanisme autofagi, ini adalah informasi yang berharga tentang kondisi diabetes-autofagi.

Mekanisme autofagi-diabetes sangat memengaruhi keseimbangan cairan tubuh. Mekanisme kompensasi terhadap gangguan keseimbangan cairan yang menjadi penyakit. Penyakit yang seharusnya bisa dicegah saat keseimbangan cairan terjaga.

Mekanisme autofagi-diabetes merupakan upaya tubuh untuk mengatasi akibat dari peradangan. Peradangan merupakan respons tubuh saat terjadi kerusakan sel.

Pada kasus covid-19, kerusakan ini diakibatkan infeksi virus. Baik oleh sebab alami ataupun vaksinasi.

Saat respons peradangan tidak mampu menanggulangi kerusakan sel, maka mekanisme autofagi-diabetes diaktifkan.

Aktifnya mekanisme autofagi-diabetes menunjukkan skala kerusakan yang cukup luas. Namun dengan memahami mekanisme autofagi-diabetes, semua komplikasi bisa dicegah.

Prinsip ini sebenarnya sudah dipahami dalam penanganan diabetes selama ini. Sayangnya penerapannya keliru. Sehingga kondisi diabetes-autofagi malah menjadi penyakit katastropik.

Gangguan keseimbangan cairan pada covid-19 disebabkan oleh aktifnya mekanisme autofagi-diabetes. Mekanisme ini akan mengakibatkan peningkatan kadar glukosa darah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.