Kompas.com - 02/10/2022, 06:01 WIB

KOMPAS.com - Urine adalah limbah cair sisa metabolisme yang dikeluarkan dari tubuh lewat kencing.

Urine yang berubah warna, bau, berbusa, atau keruh bisa jadi tanda masalah kesehatan tertentu.

Penyebabnya bisa karena infeksi saluran kencing, masalah pada kandung kemih, atau penyakit ginjal.

Berikut beberapa ciri-ciri urine normal yang bisa jadi patokan kondisi kesehatan sistem saluran kencing.

Baca juga: Kenali Apa itu Kateter Urine, Fungsi, dan Jenisnya

Ciri-ciri urine normal

Ciri-ciri urine normal bisa dikenali dari beberapa tanda berikut:

Dilansir dari Britannica, urine mengandung air, urea, garam anorganik, kreatinin, amonia, dan zat perawarna urine dengan kadar yang normal.

Kandungan urine paling banyak berupa air. Sekitar 95 persen urine berupa air. Sisanya, baru teridiri atas senyawa organik dan anorganik.

Baca juga: Kenali Pemeriksaan Protein Urine untuk Melihat Fungsi Ginjal

Dikutip dari Mayo Clinic, warna urine normal bisa berkisar dari kuning muda sampai kuning tua. Warna tersebut sangat tergantung sedikit banyaknya cairan yang dikonsumsi.

Cairan dapat mengencerkan pigmen atau zat pewarna kuning dalam urine. Semakin banyak cairan yang dikonsumsi, warna urine jadi semakin muda atau bening. Jika Anda kurang minum, warna kuning urine jadi lebih tua.

Baca juga: 21 Penyebab Protein Urine Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Dilansir dari Mount Sinai, jumlah urine normal per hari berkisar antara 800 mililiter sampai 2.000 mililiter (asupan cairan yang masuk sekitar 2 liter per hari).

Jumlah urine bisa berkurang ketika tubuh kekurangan cairan atau ada masalah pada ginjal. Sebaliknya, jumlah urine bisa meningkat karena terlalu banyak minum, diabetes, konsumsi obat tertentu, atau penyakit ginjal.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Urine dan Kandungannya

Cara menjaga kesehatan sistem saluran kencing agar urine normal

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan agar sistem saluran kencing tetap sehat dan dapat menghasilkan urine normal. Dilansir dari Cleveland Clinic, berikut beberapa di antaranya:

  • Minum cukup air setiap hari. Dengan hidrasi yang cukup, tubuh bisa membuang limbah cair dari tubuh secara efektif
  • Terapkan pola makan bergizi lengkap dan seimbang. Pastikan Anda tidak mengonsumsi garam dan natrium berlebihan. Selain itu, cukupi kebutuhan kalsium setiap hari untuk mencegah terbentuknya batu ginjal
  • Biasakan untuk bercebok dengan benar, terutama para wanita yang lebih rentan terkena infeksi saluran kencing dibandingkan pria. Menyeka alat kelamin dari arah depan ke belakang bisa mencegah bakteri penyebab infeksi saluran kencing dari dubur masuk ke vagina
  • Lakukan latihan dasar panggul atau kegel secara berkala. Latihan ini bisa mengurangi  Juga disebut latihan Kegel, ini dapat memperkuat otot-otot dasar panggul yang mengontrol berkemih

Demikian penjelasan ciri-ciri urine normal berikut cara menjaga kesehatan sistem saluran kencing.

Baca juga: 4 Urutan Proses Pembentukan Urine di Tubuh Kita

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.